INTERNASIONAL

Ada Pertanian Hello Kitty di Hongkong

Ada Pertanian Hello Kitty di Hongkong

Bagi anda pencinta Hello Kitty, pasti senang dong, jika main ke perkebunan bertemu ikon kartun kucing Jepang ini. Kira-kira Hello Kitty nya bisa diajak bermain gak, ya? 

Nah, mimpi itu kini terwujud. 

Seorang petani organik di Hong Kong bermitra dengan perusahaan Jepang Sanrio membuat pertanian organik bertema Hello Kitty. Tentu ini adalah hal menggemaskan dan menarik perhatian, terutama anak-anak.

Hello Kitty Go Green Organic Farm, sudah dibuka sejak Juli 2014, bertepatan dengan ulang tahun Hello Kitty ke-40. Raymond Cheng, sang pemilik perkebunan ini mempunyai alasan mengapa menghadirkan Karakter kartun Jepang yang terkenal di perkebunannya. 

Di tempat ini, dia hadirkan simbol topi bertepi lebar berbentuk matahari. Ada pula kebun yang ditandai atau dihiasi pita merah. Simbol-simbol itu menggambarkan peta, kegiatan petani dan orang-orangan sawah.

Tema ini bertujuan mendorong anak-anak untuk belajar darimana makanan mereka berasal. Dengan luas 50.000 kaki persegi, perkebunan organik ini memperlihatkan kepada penghujung bagaimana tanaman bisa tumbuh, berikut cara pengolahannya.

Tak hanya dihiasi dengan pernak-pernik Hello Kitty, di tempat ini juga menyajikan “Program Perkebunan” untuk anak-anak yang ingin belajar berkebun. Di program ini, mereka akan diajarkan bagaimana cara menanam dan memanen tanaman sendiri. Mereka disediakan lahan sekitar 2 hingga 2,5 kaki.  

Untuk Anda pencinta hewan, di perkebunan Hello Kitty ini bisa ditemukan domba, kambing dan anjing, karena area pertanian juga rumah bagi hewan-hewan ini.

Wah, sepertinya akhir pekan lebih asyik ya berkunjung ke tempat ini. Selain dapat hiburan Hello Kitty, juga bisa menambah ilmu tentang pertanian. 

Tak cuma anak-anak saja yang boleh main ke sini, orang dewasa pun, gak usah malu kalau mau nimbrung. Ahli pertanian, Panicha Imsomboon, mengatakan orang dewasa juga suka dengan Hello Kitty dan suasana pertanian untuk mengobati kebosanan selama tinggal di perkotaan. 

“Hong Kong adalah salah satu kota yang paling stres di dunia, banyak pengunjung mencari tempat alami untuk hidup mereka. Siapa pun dapat menyewa beberapa perkebunan untuk dijadikan tempat menanam tanaman. Kelas penanaman gratis tersedia bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang di bidang pertanian. Kursus pelatihan pun diberikan secara intens, seperti bagaimana mengelola pertanian organik dan sebagainya,” ujar Panicha.

Tapi, apakah perkebunan ini termasuk pertanian yang berkelanjutan? Nah, di satu sisi, tema perkebunan Hello Kitty memang banyak pernak pernik yang menarik. Tapi,  hal tersebut tak terlalu dibutuhkan. Jadi, perkebunan ini tidak berkelanjutan. 

Namun, jika dengan penyajian tokoh kartun kartun dapat membuat orang lebih peduli tentang makanan lokal dan organik, dan bahkan mengajarkan mereka bagaimana untuk melihat tanaman tumbuh, ini adalah sesuatu yang patut dikembangkan. 

Nah, jika di Indonesia ada pertanian yang menghadirkan pernak-pernik Hello Kitty, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?  (treehugger)

Editor: Antonius Eko 

  • hello kitty farm
  • hello kitty
  • pertanian

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!