BERITA

Ibadah Misa Natal, Gereja Katedral di Denpasar Dijaga Gegana

Ibadah Misa Natal, Gereja Katedral di Denpasar Dijaga Gegana

KBR, Bali - Kepolisian Bali mengerahkan 2.300 personel untuk menjaga ibadah misa Natal. Dari pantauan KBR, sejak pukul 17.00 wita, ribuan jemaat mulai memadati Gereja Paroki Roh Kudus Katedral di Renon Denpasar. Jemaat yang akan masuk pun tak luput dari pemeriksaan petugas polisi.

Kapolda Bali, Sugeng Priyanto dan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika beserta rombongan pun datang memantau pelaksanaan ibadah misa.


Kapolda Sugeng Priyanto mengatakan, ribuan polisi telah dikerahkan untuk memantau keamanan ibadah di sepuluh gereja utama di Bali.


"Seperti tahun sebelumnya kita kerahkan 2/3 kekuatan untuk memberikan rasa aman yang maksimal kepada umat Kristiani pada khususnya untuk merayakan Natal sampai saat ini belum ada informasi yang serius dari intelijen dan situasi aman terkendali," ujarnya.


Selain itu, kata dia, diturunkan anjing pelacak dan tim Gegana yang ditempatkan di sejumlah gereja utama.


Sementara itu, membludaknya jumlah jemaat berdampak pada jadwal ibadah yang dibagi menjadi dua.


Gubernur Bali, Made Mangku Pastika berharap semoga semangat Natal menjadi semangat dan inspirasi untuk menjaga keamanan, kedamaian di Bali.




Polres Pati Kerahkan Anjing Pelacak Jaga Misa Natal


Di Pati, Satuan Shabara Polres Pati dan Brimob mulai menyisir gereja-gereja yang berada di wilayah tersebut. Penyisiran ini merupakan bagian dari pengamanan jelang ibadah misa Natal.


Tim gabungan ini, mendatangi satu persatu gereja dan memeriksa setiap sudut gereja pun kendaraan yang masuk sejak pagi tadi. Dalam pantauan KBR, polisi mengecek lingkungan gereja dengan metal detektor dan anjing pelacak.


Kapolres Pati, Ari Wibowo yang turut didampingi Kasat Sabhara Amlis Chaniago, mengatakan hal ini dilakukan demi memastikan ibadah berjalan aman.


“Kami petugas gabungan dari Polres dan Brimob mengadakan patroli pengamanan gereja selama ada kegiatan natal,” katanya.


Sementara itu, KBO Satuan Sabhara Polres Pati, Tri Atmojo menambahkan, dalam patroli penyisiran hari ini pihaknya menerjunkan satu regu dan menyiagakan di masing-masing gereja 1 regu. Serta menerjunkan anjing pelacak untuk memaksimalkan penyisiran.


“Melibatkan anjing pelacak ini, seandainya ada benda-benda yang mungkin mencurigakan atau menghalau massa yang mungkin tidak menyetujui adanya kegiatan Natal,” tuturnya.


Bukan hanya di perkotaan saja, patroli dan penyisiran serupa juga dilakukan hingga di tingkat kecamatan yang dilakukan Kepolisian Sektor (Polsek) setempat.





Editor: Quinawaty 

  • ibadha misa natal
  • Gereja Paroki Roh Kudus Katedral di Renon Denpasar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!