BERITA

Kicau Soal TPF Munir, Suciwati: Apa Urusannya dengan SBY?

""Kalau urusannya adalah dia harus menjelaskan, itu kewajiban karena dia bertanggung jawab. Waktu itu dia simpan di mana? Masak dibawa ke Cikeas?""

Rio Tuasikal

Kicau Soal TPF Munir, Suciwati: Apa Urusannya dengan SBY?
Pegiat HAM Munir Said Thalib. (Foto: Omah Munir)



KBR, Jakarta- Isteri Munir, Suciwati, mencibir sikap bekas presiden SBY yang mulai berkomentar tentang keberadaan laporan TPF Munir. SBY dalam akun Twitternya menyatakan akan memberikan penjelasan dalam 2-3 hari.

Menurut Suci, SBY seharusnya sudah membuka dokumen tersebut ketika dirinya masih jadi presiden. Kata Suci, ketidakmauan SBY saat itulah yang menyebabkan polemik Munir ini berlarut-larut sampai sekarang.


"Apa ya urusannya SBY sekarang? Kalau saya sih nggak ada signifikansinya juga," ujar Isteri Munir, Suciwati tegas kepada KBR, Senin (24/10/2016).


"Kalau urusannya adalah dia harus menjelaskan, itu kewajiban karena dia bertanggung jawab. Waktu itu dia simpan di mana? Masak dibawa ke Cikeas?" Tandasnya.


Suci menyatakan tanggungjawab pengungkapan dokumen itu berada di tangan Presiden Jokowi. Menurutnya, dokumen itu pasti ada di Kemensetneg. Sebab, administrasi presiden punya sistem yang ketat. Selain itu, pemerintah memiliki Badan Intelejen Negara (BIN) yang bisa melacak jejak dokumen.


Minggu kemarin, SBY meluncurkan 11 cuitan mengenai TPF Munir di akun Twitternya. Dia menyatakan akan berkoordinasi dengan para menteri di era pemerintahannya untuk menyiapkan penjelasan.  

  • Eks presiden susilo bambang yudhoyono
  • suciwati istri munir
  • TPF Munir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!