BERITA

Jelang Idul Adha, Penumpang di Pelabuhan Ketapang Meningkat

"Jumlah ini meningkat 32 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 15.136 orang."

Jelang Idul Adha, Penumpang di Pelabuhan Ketapang Meningkat
Ilustrasi penumpang di Pelabuhan Ketapang. Foto: Antara

KBR, Banyuwangi- Aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk meningkat menjelang libur Hari Raya Idul Adha 2016. Berdasarkan data di Pelabuhan Ketapang, jumlah penumpang tercatat 20.020 orang hingga Minggu pagi, 11 September 2016. Jumlah ini meningkat 32 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 15.136 orang. Sedangkan kendaraan roda dua sebanyak 1.512 sepeda motor dan naik sekitar 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni sebanyak 1.187 sepeda motor.


Juru bicara PT ASDP Ketapang Banyuwangi, Shandi Nugroho memprediksi, puncak kepadatan penumpang dan kendaraan di jalur penyeberangan Selat Bali tersebut akan terjadi hari ini. Kata dia, kendaraan yaang menyebrang dari kedua pelabuhan tersebut masih didominasi oleh kendaraan roda dua.


“Untuk sementara ini memang ada peningkatan dari tahun sebelumnya, untuk penguna jasa yang melakukan hilir mudik baik di Pelabuhan Ketapang maupun di Gilimanuk. Jumlah kapal sendiri kita masih mengunakan jumlah armadanya 32 unit. Jadi untuk yang di dermaga MB Ponton kita mengoperasian 20 armada, sedangkan di Landing Craft Mesin (LCM) sendiri kita mengoperasikan 12 armada,” kata Shandi Nugroho (11/9/2016).


Shandi Nugroho menambahkan, untuk jumlah penumpang di Pelabuhan Gilimanuk mencapai 30.969 orang, 4.874 sepeda motor, dan kendaraan roda empat atau lebih sebanyak 4.416 kendaraan.


Berdasarkan data tersebut, kata Shandi, jumlah penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Bali menuju Pulau Jawa lebih banyak dibandingkan wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Dewata tersebut selama libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.


PT ASDP Indonesia Ferry Ketapang mengoperasikan sebanyak 32 kapal baik kapal untuk mengangkut penumpang maupun kendaraan menjelang Hari Raya Idul Adha 2016 dengan rincian 20 kapal jenis kapal motor penumpang (KMP) dan 12 kapal jenis Landing Craft Tank (LCT).

Baca juga: Libur Idul Adha, Truk Barang Boleh Lintas di Jalan Tol


Editor: Sasmito

  • pelabuhan ketapang
  • Pelabuhan Gilimanuk Bali
  • idul adha

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!