BERITA

Sebelum Tutup Usia, Kiai Hasyim Muzadi Menangis melihat Indonesia Darurat

Sebelum Tutup Usia, Kiai Hasyim Muzadi Menangis melihat Indonesia Darurat


KBR, Malang - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi wafat di usia 72 tahun pada Kamis (16/3/2017) pagi tadi. Kiai Hasyim yang juga bekas Ketua Umum PBNU periode 2000-2010 itu sempat menangis melihat kondisi Indonesia saat ini.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Malang Sutiaji yang sempat menjenguk Kiai Hasyim di rumah sakit sebelum meninggal. Sutiaji menjenguk bersama Kapolda Jawa Timur Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya I Made Sukadana.

 

Wakil Walikota Malang Sutiaji mengatakan Kiai Hasyim melihat kondisi Indonesia saat ini dalam keadaan darurat karena adanya kelompok-kelompok yang berpotensi memecah belah bangsa.


"Saat sakit nangis beliau, beliau berpesan Indonesia dalam kondisi darurat. Ada ekstrem kanan dan ekstrem kiri. 'Ulama, TNI, polisi harus bersatu', begitu pesannya. Hari ini jawabannya, ada diselenggarakan pertemuan ulama NU di Semarang," kata Sutiaji di Malang, Kamis (16/3/2017).


Meski begitu Sutiaji enggan menyebutkan secara detail mengenai persoalan bangsa secara detail, yang menyebabkan Kiai Hasyim melihat Indonesia dalam keadaan darurat.


Hari ini jenazah Kiai Hasyim Muzadi diberangkatkan dari Malang menuju Bandara Halim di Jakarta. Rencananya, jenazah Hasyim Muzadi dimakamkan di Depok Jawa Barat yang berdekatan dengan pondok pesantren Al-Hikam yang diasuhnya semasa hidup.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • Hasyim Muzadi
  • PBNU
  • Malang
  • Jawa Timur

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!