Panitia Asian Games: Mudah-mudahan DKI Bisa Liburkan Sekolah Saat Pertandingan

Jika usulan sekolah libur saat kegiatan olahraga disetujui, maka akan mengurangi kemacetan sebesar 20 persen.

Selasa, 13 Feb 2018 18:35 WIB

Ilustrasi. (Foto: setkab.go.id/Publik Domain)

KBR, Jakarta - Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) atau panitia penyelenggara Asian Games 2018 berharap agar pemerintah DKI menyetujui usulan untuk meliburkan sekolah saat kegiatan berlangsung pada Agustus 2018 mendatang.

Anggota Departemen Keamanan INASGOC, Unggul Sedyantoro mengatakan Komite masih menunggu kajian dari pemerintah DKI dan Dinas Pendidikan DKI untuk mengkaji usulan libur sekolah pada pelaksanaan Asian Game.

Menurut Unggul jika usulan sekolah libur saat kegiatan olahraga disetujui, maka akan mengurangi kemacetan sebesar 20 persen.

"Pemprov DKI juga akan---ini rencana ya, mudah-mudahan berhasil---meliburkan anak sekolah ketika Games time nanti. Jadi Pak Wakil Gubernur menyampaikan di beberapa pertemuan, akan diupayakan. Tadi dari Dinas Pendidikan diminta megkaji dulu, bagaimana plus minusnya. Jadi menunggu hasil dari Dinas Pendidikan akan diberlakukan," kata Unggul, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Menurut Unggul dengan meliburkan anak sekolah maka akan membuat lalu lintas pada jam-jam tertentu lebih lengang, bahkan mengurangi kemacetan 20 persen dibanding hari biasa.

"Kalau libur anak sekolah tentu kepadatan di Jakarta akan berkurang minimal 20 persen. Jadi waktu tempuh yang ditetapkan oleh OCA bisa kita penuhi, memangkas waktu," kata Unggul.

Sebelumnya Ketua INASGOC, Erick Tohir mengatakan telah meminta kepada pemerintah untuk meliburkan anak sekolah dan menyesuaikan jam kerja bagi para karyawan. 

Hal tersebut diharapkan bisa memangkas waktu tempuh perjalanan atlet kurang dari 30 menit, sehingga kondisi atlet lebih terjaga.

INASGOC telah melakukan uji coba perjalanan atlet dan official dari Wisma Atlet Kemayoran, menuju kawasan Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta dan sejumlah lokasi venue lain.

Dalam percobaan tersebut jarak tempuh yang dilalui bisa mencapai satu jam. Hal tersebut menjadi perhatian dalam mengantar para peserta yang akan melakukan pertandingan.

Asian Games 2018 akan diselenggarakan mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018. Pesta olahraga se-Asia itu akan diselenggarakan di dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. 

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

Apakah anda lelah dengan rutinitas harian anda? Seperti kuliah atau bekerja,dan belum punya waktu atau budget anda terbatas untuk bersenang-senang? Dufan Jawabannya