QUOTE OF THE DAY

Pengamat: 'Penangkapan 10 Tokoh,Tergantung Manajemen Politik Jokowi Menjelaskan'

Pengamat: 'Penangkapan 10 Tokoh,Tergantung Manajemen Politik Jokowi Menjelaskan'

Markas Besar Kepolisian Indonesia membenarkan Polda Metro Jaya telah menangkap 9 orang yang diduga terkait makar, salah satuanya musisi Ahmad Dhani, Ratna Sarumpaet dn Rachmawati Soekarno Putri. Penangkapan dilakukan di beberapa tempat berbeda, sekitar pukul 05.00 WIB.

Juru bicara Mabes Polri, Boy Rafli Amar mengatakan saat ini para tokoh itu sedang diperiksa di Polda Metro Jaya.

Menurut pengamat politik Alfan Alvian, peristiwa ini mengejutkan dan ada hubungannya dengan statemen Presiden Jokowi pasca aksi 4 November lalu. Dimana saat itu Jokowi mengatakan aksi tersebut ditunggangi oleh aktor-aktor politik.

“Ini akan menimbulkan polemik yang cukup dinamis mengenai (makna) makar yang dikaitkan dengan demokrasi, kebebasan berpendapat, atau kritik. Dan ini akan terjadi perdebatan. Polisi menganggap itu bagian dari upaya makar, sementara yang lain mengatakan itu kebebasan berpendapat. Lagipula pula penangkaapn ini dilakukan saat mereka sedang tidak berbuat makar,” ujar Alfan. Simak quote selengkapnya. 

  • tuduhan makar
  • Makar

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Muhamad Dopir7 years ago

    Semoga polisi bisa berbuat yang arif, sehingga rezim ini tidak disamakan dengan orde lama yang menangkapi lawan-lawan politik danj uga orde baru yang membungkam lawan-lawan politiknya. Demokratisasi yang berjalan di era Gus Dur dan diteruskan dengan santun oleh SBY semoga mampu juga dilakoni secara arif di rezim ini. Karena gaya-gaya yang dilalkukan kok mirip mirip orde baru begini.