QUOTE OF THE DAY

'Pemerintah Tak Mau Papua Lepas Karena Banyak Kepentingan'

"Kepentingan asing ada di Papua, atau kepentingan pengusaha dan elit-elit politik nasional seperti Freeport dan sebagainya."

Tambang Freeport di Papua. (Antara)
Tambang Freeport di Papua. (Antara)

1 Desember merupakan momentum berdirinya Organisasi Papua Merdeka (OPM). Hari itu juga dikaitkan dengan momentum pengibaran bendera Bintang Kejora oleh kelompok masyarakat tertentu.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto melarang perayaan 1 Desember yang merupakan momentum berdirinya Organisasi Papua Merdeka (OPM). Ia beralasan, kegiatan itu melanggar konsitusi. Wiranto mengancam akan menangkap mereka yang tetap merayakannya.

Sementara itu, Front Rakyat Indonesia untuk West Papua menyatakan dukungannya untuk referendum di Papua. Juru Bicara FRI-West Papua, Surya Anta, menyatakan pemerintah Indonesia harus membuka mata atas ketidakadilan di bumi cenderawasih. Pemerintah juga tidak bisa hanya membantah adanya pelanggaran HAM yang terjadi di sana.

“Pemerintah tak mau Papua lepas, karena banyak kepentingan. Kepentingan asing ada di Papua, atau kepentingan pengusaha dan elit-elit politik nasional seperti Freeport dan sebagainya. Kita sendiri korban ketidakdemokratisan, korban militerisme, seharusnya kita yang jadi korban ini bersolidaritas terhadap rakyat Papua dan harusnya kita bekerjasama,” ujarnya. 

  • Papua
  • pelanggaran HAM papua
  • Organisasi Papua Merdeka

Komentar (2)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Irul Van Togubu7 years ago

    Justru karena kepentingan itu yang melahirkan pelanggaran HAM di West Papua. Kepentingan elit-elit Politik sebagai antek-antek pemodal asing, sehingga tidak mau melepaskan West Papua dari NKRI, sekalipun secara politik tingginya represif dari pihak Militer, yang pada substasi nya adalah mengkolonisasi West Papua, sekarang mari kita buka mata kita secara sadar, landasan apa bahwa West Papua adalah bagian dari NKRI?

  • inggar7 years ago

    Landasan bahwa West Papua adalah bagian dari NKRI adalah kemenangan militer RI dalam Operasi Trikora. Itu yang membuat Belanda minggat dari Papua dan Papua jadi milik RI de facto dan de jure.