natal di London

Dia menggunakan power point untuk layar besar di belakangnya dengan ilustrasi gambar, karikatur, dan klip video –persis sama ketika menjelaskan sebuah proyek- untuk menyampaikan renungan bahwa Natal bukan hanya berbelanja semata.

Aksi Pemabuk

Usai Kebaktian Kidung selama satu jam itu, kami semua kembali ke meja masing-masing dan melanjutkan pekerjaan-pekerjaan rutin keduniawan.

Akhirnya, Natal yang sebenarnya di gereja-gereja dengan kebaktian malam Natal 24 Desember dan hari Natal 25 Desember. Ini bisa dikatakan puncak dari kegiatan gereja selama setahun dan jemaat yang hadir lebih ramai dari biasa. Para jemaat kapal selam –umat Krisken yang datang ke gereja saat kelahiran, perkawinan, Natal, dan kematian- umumnya hadir dalam salah satu kebaktian ini.

Gereja kecil kami di pinggiran London Tenggara menggelar kebaktian Malam Natal pada pukul 23.00 dan menembus ke hari Natal-nya. Dan salah satu tradisi Natal masyarakat Inggris adalah makan dan minum (termasuk alkohol) seenak dan sebanyak mungkin saat malam dan hari Natal. Pada pukul 23.00 banyak jemaat kapal selam yang sudah makan serta minum banyak dan beberapa tetap datang ke gereja dalam keadaan mabuk, ringan maupun berat.

Biasanya ngaconya bernyanyi keras dengan suara fals, sibuk ngobrol diantara sesama mereka ketika yang lain sedang bernyanyi, atau berteriak Amin usai berdoa. Petugas gereja kami biasanya mengingatkan saja dengan sopan tapi tahun lalu mereka akhirnya mengusir sepasang jemaat kapal selam yang berteriak-teriak Amin dan Halleluya sepanjang kebaktian.

Terus terang saya ternanti-nanti juga: apa lagi aksi para pemabuk di malam Natal tahun ini.


*Liston P Siregar adalah editor www.ceritanet.com, tinggal di London

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!