Selamat Mudik

Pembukaan tol fungsional di antaranya Brebes-Gringsing cukup mustajab mengurai kepadatan lalu lintas di jalur mudik pantai utara.

Jumat, 23 Jun 2017 05:43 WIB

Kendaraan mudik melintasi tol fungsional

Kendaraan pemudik melintas di jalan tol fungsional di Tegal, Jawa Tengah, Kamis (22/6) (Foto: Antara/Oky Lukmansyah)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

Jutaan orang dalam waktu nyaris bersamaan bergerak menuju kampung halaman. Tak bisa tidak macetlah akibatnya. Keputusan Presiden Joko Widodo menambah waktu cuti bersama mulai Jumat ini, cukup membantu mengurangi kepadatan jalur mudik terutama di pulau jawa. Perkiraan pemerintah pemudik yang berjumlah 20 juta jadi punya banyak pilihan waktu untuk mulai bepergian.

Keputusan lain yang cukup membantu mengurai kepadatan adalah membuka jalan tol yang masih dalam proses konstruksi. Pembukaan tol fungsional di antaranya Brebes-Gringsing cukup mustajab mengurai kepadatan lalu lintas di jalur mudik pantai utara. Di jalur tol yang belum selesai ini, pemudik sepatutnya mematuhi imbauan untuk berhati-hati dan tidak memacu kendaraannya. Selalu ingat, nyawa dan keselamatan yang utama.

Imbauan pemerintah itu sungguh patut ditaati. Pantauan KBR, di jalur tol fungsional itu, terjadi sejumlah kecelakaan. Dari pecah ban sampai mobil terperosok di parit pinggir jalan tol. Kondisi tol yang belum selesai, bergelombang minim rambu, tanpa penerangan dan pembatas jalan  sungguh rawan terjadi kecelakaan. 

Butuh disiplin dan  kehati-hatian ekstra bagi pemudik yang menempuh jalan darat ratusan kilometer. Lalai bisa berakibat celaka bagi diri dan orang lain. Tentu bukan itu yang diinginkan pemudik dan keluarga yang menanti di kampung halaman. Keselamatan yang utama,  demi silaturahmi merekat kembali  kekeluargaan yang terpisah oleh jarak dan waktu. 

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

Saat ini ada banyak cara dan sarana untuk membantu orang lain. Lewat NusantaRun salah satunya.