Bumi

Banjir tak melulu karena tingginya curah hujan. Daya dukung lingkungan yang buruk bisa memperparah dampak banjir.

Jumat, 22 Apr 2016 10:00 WIB

Banjir di Bandung. (Antara)

Banjir di Bandung. (Antara)

Hujan deras semalaman membuat sebagian wilayah di Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam hingga ketinggian mencapai 3 meter. Banjir diperparah kiriman air dari kota hujan Bogor. Kata Badan Penanggulangan Bencana daerah Kota Bekasi, banjir berdampak pada 2 ribu jiwa. Namun sebagian warga menolak mengungsi dengan alasan sudah biasa menghadapi banjir.
 
Banjir tak hanya melanda kota Bekasi. Jakarta, Palembang, Kabupaten Bandung dalam sepekan ini sebagian daerahnya tengah dilanda banjir. Banjir tak melulu karena tingginya curah hujan. Daya dukung lingkungan yang buruk bisa memperparah dampak banjir. Banjir semakin tinggi, daerah terdampak semakin meluas, warga terkena dampak semakin banyak.
 
Mesti ada upaya bersama antardaerah untuk mengurangi dampak banjir. Jakarta dan Bekasi yang kerap terkena imbas hujan deras dari Bogor, mesti bisa mengajak pemerintah setempat untuk bersama-sama mengurangi dampak. Bila daerah yang berada di posisi tinggi memiliki banyak daerah resapan, tentu tak semua air hujan mengalir ke sungai. Sebagian besar terserap ke tanah dan menjadi simpanan air.
 
Pun bagi daerah yang menjadi langganan banjir. Perbaikan drainase dan membuat lobang bio pori bisa setidaknya mengurangi dampak banjir. Mumpung dunia Jumat  ini memperingati Hari Bumi. Penghargaan bagi bumi yang menjadi satu-satunya tempat manusia bisa hidup adalah dengan merawatnya. Memastikan lingkungan tak lagi dirusak atas nama pembangunan. 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Kuasa Hukum: Ada Gangguan di Otak Setnov

  • Beredar Surat Dari Novanto Soal Jabatannya, Fahri Hamzah: Itu Benar
  • Gunung Agung Meletus, Warga Kembali Mengungsi
  • Kasus PT IBU, Kemendag Bantah Aturan HET Beras Jadi Biang Penggerebekan