OPINI

Wajah Toleransi di Indonesia

Gereja St. Lidwina Diserang
Polisi berhasil mengamankan satu tersangka dan masih menyelidi kasus penyerangan gereja di Yogyakarta yang melukai sejumlah umat serta merusak sejumlah fasilitas gereja dengan senjata tajam. (Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Coba bayangkan diri Anda ada di posisi ini. Anda sedang berada di tempat ibadah, lantas ada orang yang datang mengacungkan senjata tajam ke orang-orang yang berada di tempat ibadah tersebut. Atau contoh lain - Anda beribadah di rumah sendiri lantas dicurigai akan menyebarluaskan agama yang Anda anut, dan itu berakibat Anda nyaris diusir dari desa sendiri. Yang menyedihkan, keduanya terjadi di Indonesia, dalam waktu yang berdekatan. Beginikah wajah masyarakat kita sekarang? 

Kasus pertama terjadi di Gereja St Lidwina Bedog, Sleman, Yogyakarta. Seorang romo dan pengikutnya mengalami luka berat akibat sabetan senjata tajam. Sementara kasus kedua menimpa Biksu Mulyanto Nurhalim di Desa Caringin, Legok, Tangerang. Untuk kasus yang ini, masyarakat mengaku ada kesalahpahaman dan persoalan sudah selesai. Tapi ketika kesalahpahaman ini sampai bisa muncul, ini juga harusnya jadi bahan refleksi kita bersama. 

Wajah toleransi di Indonesia memang tengah berubah. Aneka survei dari tahun ke tahun memperlihatkan masyarakat kita yang makin konservatif, banyak yang setuju dengan tindak kekerasan atas nama agama serta menunjukkan keengganan untuk berdampingan dengan kelompok yang dianggap berbeda. Ini mengkhawatirkan. Apalagi mengingat sekarang kita sudah memasuki tahun politik, di mana agama rawan dipolitisisasi demi kemenangan sesaat. Padahal setelah itu kita semua yang menanggung akibatnya. 

Buya Syafii Maarif betul: ini melukai Indonesia. Tapi kita juga tak boleh berdiam diri. Semua kembali ke kita; apakah mau melihat wajah Indonesia kembali toleran atau tunduk kepada pemikiran yang tak terbuka pada perbedaan? Kita perlu mendorong diri sendiri untuk lebih terbuka. Sekaligus memastikan pemerintah menjaga supaya perbedaan tak membuat siapa pun merasa tidak aman beribadah di negeri ini. 

 

  • #intoleransi
  • penyerangan gereja
  • larangan beribadah
  • biksu diusir
  • Gereja St Lidwina Bedog
  • Biksu Mulyanto Nurhalim

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!