EDITORIAL

Mau Sampai Kapan?

"Urusan moral tiba-tiba seperti menjadi lebih penting dibandingkan kemanusiaan. Tiba-tiba ada ketakutan jika ada LGBT di antara kita."

KBR

Foto: Kontras
Foto: Kontras

Ini baru mau masuk bulan ketiga di 2016. Tapi kita seperti hendak menghadapi tahun yang suram dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

Soal LGBT, sampai sekarang belum selesai juga. Sejak Menristek Mohammad Nasir menyebut kalau LGBT tak boleh masuk kampus, gulirannya tak kunjung selesai juga. Tiba-tiba kita dirundung dengan kerangkeng moralitas yang begitu menghimpit. Mendadak cara pandang kita menjadi begitu sempit. Seolah-olah semua hal itu terkait seksualitas. Seolah-olah orientasi seksual itu tak ubahnya virus flu yang bisa menyebar lewat udara.

Urusan moral tiba-tiba seperti menjadi lebih penting dibandingkan kemanusiaan. Tiba-tiba ada ketakutan jika ada LGBT di antara kita. Padahal dalam kehidupan sehari-hari, LGBT memang ada di sekitar kita. Mereka nyata, hidup, bernafas dan berstatus warga negara seperti yang lainnya. Tapi mendadak mereka berbeda, atau harus dibedakan. Entah atas dasar apa.

Mendadak semua adalah soal ketakutan. Takut pada LGBT. Takut pada bagian tubuh tertentu sehingga perlu disensor dan diblur. Akal sehat seperti sedang ditinggalkan ketika kita mesti ketakutan akan gambar puting sapi yang sedang diperah, sehingga gambar itu pun di-blur dari layar kaca.

Termasuk juga ketakutan atas apa pun yang diberi label ‘kiri’. BelokKiri Fest terpaksa mesti hijrah ke kantor LBH Jakarta karena polisi tak mengeluarkan izin. Sekelompok organisasi menentang keberadaan festival ini, karena dianggap ‘berbau komunis’. Kebebasan berekspresi, berpendapat adalah dasar mengapa diskusi macam ini justru harus tetap jalan. Tapi sepertinya itu tak digubris. 

Atas nama ketakutan, kita tidak akan pernah maju. Apalagi jika kita tidak benar-benar bisa menjelaskan apa yang membuat kita takut. Mau sampai kapan kita membelenggu diri sendiri dengan penjara ketakutan yang diada-adakan sendiri?

Indonesia terlalu besar dan kaya untuk dikorbankan demi ketakutan seperti ini.  

  • LGBT
  • belokkiri fest

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!