OPINI

Kampanye, Mulai!

Dua pasangan capres deklarasi damai

Masa Kampanye Pemilu Presiden 2019 resmi dimulai sejak kemarin. Kedua pasangan capres-cawapres, juga partai politik, bisa mulai mempopulerkan diri mereka demi meraih dukungan sebesar-besarnya. Ketua KPU Arief Budiman berpesan, kampanye harus tetap damai, tidak saling menghujat, tapi menampilkan program, visi dan misi. Sosialisasi program adalah kunci. Karena kita, rakyat, bakal memilih calon pemimpin untuk 5 tahun mendatang. Karenanya mesti tahu persis apa yang ditawarkan, ketimbang sibuk memoles tampilan luarnya saja. 

KPU memperkirakan, pemilih muda dari generasi milenial mencapai 40% dari total pemilih. Ini membuat kelompok ini jelas jadi rebutan. Namun generasi milenial dianggap masih galau dengan pilihan politik mereka, alias belum pasti soal siapa yang bakal dipilih. Meski galau, studi terakhir menunjukkan kalau generasi milenial peduli dan punya minat pada isu politik. 

Artinya, partai politik tak boleh sekadar memperhatikan tampilan luar. Butuh lebih dari sekadar memoles gaya busana, cari slogan trendi atau datang ke acara anak muda untuk merebut hati mereka. Generasi milenial pun jangan direduksi sebagai kelompok yang punya keinginan dangkal seperti harga ponsel murah. Mereka adalah kelompok strategis yang krusial bagi masa depan Indonesia yang lebih baik.

  • kampanye pilpres 2019
  • pemilus 2019
  • #Indonesia2019
  • pemilih muda

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!