OPINI

Selamat Bekerja

Warga mengikuti Pilkada Jateng di TPS 6 bertema Kebhinnekaan

Pemungutan suara Pilkada serentak di lebih 170 daerah tuntas digelar pada Rabu (27/6/2018) kemarin. Pesta demokrasi yang sempat dibayangi potensi konflik dan gangguan keamanan ini berjalan lancar dan damai. Tak ada gangguan berarti selama pemungutan suara berlangsung. Kita mengapresiasi kerja keras petugas mendistribusikan logistik pilkada hingga ke daerah terpencil yang sulit dijangkau. 

Kegembiraan lebih dari 150 juta pemilih yang menyalurkan hak pilih mereka terasa di berbagai kota besar, hingga ke pelosok negeri. Segera para pasangan kepala daerah terpilih mesti bersiap mengatur strategi, bekerja keras merealisasikan janji politik mereka.

Banyak yang bilang, ini adalah Pilkada rasa Pilpres. Bagaimana pun kita berharap kepala daerah terpilih ini mampu membuktikan diri layak jadi pemimpin. Mereka yang telah mendapat dukungan rakyat sudah sepatutnya mengemban amanah rakyat. Sebab sedari awal tak ada yang paling diharapkan rakyat selain kemajuan daerah dan penghidupan yang lebih baik. 

Kita tak mau data-data kemiskinan yang laris digunakan saat kampanye kembali disimpan, tak diurusi. Kita tak mau jabatan kepala daerah sekadar dijadikan batu loncatan di panggung politik semata. Jangan juga dijadikan aji mumpung memperkaya diri dan kerabat.

Tentu saja di sini juga ada peran kita sebagai masyarakat, mengawal kebijakan mereka dan aktif menyampaikan masukan.

Kepada mereka yang mendapat legitimasi rakyat, selamat bekerja menjawab persoalan dan tantangan di dalam masyarakat.

  • pilkada serentak 170 daerah
  • 150 juta pemilih 2018

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!