SP3

Foto dan video para pewarta bertebaran saat peristiwa terjadi. Saksi yang melihat langsung peristiwa kekerasan itu pun tak kurang banyaknya. Sungguh aneh SP3 yang diteken Kapolres Jakarta Selatan itu.

Jumat, 05 Jan 2018 09:13 WIB

Alldo Felix Januardy mengalami tindak kekerasan

Alldo Felix Januardy mengalami tindak kekerasan (foto: @LBH_Jakarta)

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta mengajukan gugatan praperadilan terhadap kepolisian. Gugatan diajukan lantaran Kepolisian Jakarta mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3)  kasus dugaan pengeroyokan terhadap pengacara publiknya. Pada awal Januari 2 tahun silam saat mendampingi korban penggusuran di Bukit Duri, Alldo Felix Januardy dikeroyok sejumlah anggota polisi dan Satpol PP. 

Kepolisian beralasan kekurangan bukti. Padahal jepretan gambar dan video para pewarta bertebaran saat peristiwa terjadi. Saksi yang melihat langsung peristiwa kekerasan itu juga tak kurang banyaknya. Sungguh aneh SP3 yang diteken Kapolres Jakarta Selatan itu.

Ini bukan kali pertama pejabat kepolisian mengeluarkan SP3 manakala ada dugaan aparat  terlibat suatu kasus. Pada hampir 2 tahun silam Kepolisian juga mengeluarkan SP3 atas dugaan pembakaran lahan oleh 15 perusahaan di Riau. Sayangnya praperadilan yang diajukan organisasi lingkungan Walhi ditolak Pengadilan Negeri Pekanbaru pada 5 bulan lalu.

Kapolri Tito Karnavian mesti memberi perhatian lebih pada aparatnya di bawah. Jangan sampai SP3 jadi alat dagang  perkara atau melindungi kolega. Jadi, tak perlu ragu mencopot pejabatnya  di daerah yang tak cakap dan profesional saat menangani kasus. 

Komentar

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

Saat ini ada banyak cara dan sarana untuk membantu orang lain. Lewat NusantaRun salah satunya.