HEADLINE

Banjir, Putuskan Jalan Provinsi di Aceh Singkil

Banjir,  Putuskan Jalan Provinsi  di Aceh Singkil

KBR, Aceh Singkil– Jalur darat yang menghubungkan Kabupaten Aceh Singkil dengan Kota Subussalam terputus akibat banjir. Jalan negara itu terendam banjir dengan rata-rata mencapai 1,30 Meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Sulaiman mengatakan, sepanjang 8 Kilometer jalan raya   tak dapat dilalui setelah terendam banjir.  Akibatnya armada angkutan umum dan kendaraan bermotor terjebak dalam antrian yang  berada di Desa Bulu Sema, Kecamatan Suro.

”Jalan di Bulu Sema ini belum bisa dilewati, mereka (kendaraan-red) belum dapat dilalui dikarenakan takut nanti gelombang atau ombak air banjir terkena rumah-rumah penduduk sekitar. Ini bisa menyeret rumah-rumah warga, apalagi ini belum stabil dimana hujan belum turun tetapi di atas awannya sudah kelam dan gelap,” kata Sulaiman kepada KBR, Kamis (9/11).

Bencana alam banjir bandang setinggi 4 Meter menerjang 7 Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Rabu (8/11). Tercatat 378   Keluarga atau sekitar 700 jiwa penduduk yang tersebar di 13 Desa  mengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, Sulaiman mengatakan, dua unit Posko darurat bencana alam dibuka di Kantor Kecamatan setempat. Kata Dia, seluruh kebutuhan logistik  didistribusikan langsung oleh Dinas Sosial melalui BPBD.

Tim BPBD sudah mengerahkan perahu karet untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang   masih terisolasi banjir. Belum ada laporan korban jiwa dan kerugian materil akibat peristiwa bencana alam tersebut.

Pusat Data dan Informasi BDPD setempat, mencatat berdasarkan data sementara ada 7 Kecamatan yang terkena banjir, meliputi Suro, Simpang Kanan, Gunung Meriah, Kota Baharu, Singkohor, Singkil, dan Kecamatan Singkil utara.

Sementara 13 Desa yang banjir di Aceh Singkil, yaitu Bulu Sema, Silatong, Ujung Limus, Cibubukan, Serasah, Tugan, Selok Aceh, Tanah Merah, Sianjo-anjo Mariah, Tanjung Mas, Lae Riman, Lipat Kajang, dan Kain Golong.

Editor: Rony Sitanggang

  • banjir
  • Kepala BPBD Aceh Singkil Sulaiman

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!