Ruas Jalan Tol Pertama di Sumsel Selesai, Jokowi Minta Digratiskan Sementara

Jalan tol Palembang-Pamulutan merupakan seksi 1 tol Palembang-Indralaya, yang termasuk ruas tol Trans-Sumatera. Tol Palembang-Pamulutan sudah selesai dikerjakan oleh perusahaan BUMN PT Hutama Karya.

Jumat, 13 Okt 2017 10:49 WIB

Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol Palembang-Pamulutan di Sumatera Selatan, Kamis (12/10/2017). (Foto: Biro Pers Istana)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta pengelola jalan tol untuk sementara waktu menggratiskan biaya penggunaan jalan tol Palembang-Pamulutan sepanjang 7,75 kilometer.

Jalan tol Palembang-Pamulutan merupakan seksi 1 tol Palembang-Indralaya, yang termasuk ruas tol Trans-Sumatera. Tol Palembang-Pamulutan sudah selesai dikerjakan oleh perusahaan BUMN PT Hutama Karya. 

Presiden Joko Widodo telah meresmikan penggunaan jalan tol tersebut. Saking gembiranya, Jokowi meminta pengelola jalan tol menggratisan biaya jalan tol untuk sementara waktu hingga akhir tahun 2017.

"Saya sangat senang sekali. Ini adalah jalan tol pertama yang ada di Sumatera Selatan. Saya minta, meskipun ini jalan tol, meskipun bayar---jalan tol kan bayar---saya minta ini biar bisa dilihat dan dinikmati masyarakat awal-awal ini. Sampai akhir tahun tolong jangan dipungut dulu. Nanti kalau sudah sambung dengan seksi 2 dan 3, baru bolehlah dipungut biaya. Paling berapa lama sih, dua bulan nggak lama," kata Jokowi saat meresmikan jalan tol itu, Kamis (12/10/2017). 



Baca juga:

Mengutip keterangan resmi Biro Pers Istana yang diterima KBR, ruas tol Palembang-Pamulutan memiliki konstruksi khusus lantaran lahan itu sebelumnya berupa rawa-rawa. Hal ini menyebabkan anggaran pembangunannya lebih tinggi 1,5 kali lipat dibanding proyek jalan tol biasa.

"Medannya sangat berat sekali. Di sini adalah rawa-rawa, perlu konstruksi-konstruksi khusus. Waktu saya lihat, penyedotan air dari bawah untuk dibuang itu juga pekerjaan yang sangat sulit," kata Jokowi.

Pada kunjungan kerja ke Sumatera kali ini, Presiden juga dijadwalkan meresmikan ruas tol Trans-Sumatera di lokasi lain. Yakni ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan ruas Medan-Binjai. Jokowi menargetkan 580 kilometer tol Trans-Sumatera rampung akhir tahun ini. 

"Hitungan kita itu 2019 kira-kira 1.850 kilometer Tol Trans-Sumatera selesai. Karena sampai akhir tahun ini kira-kira 580 km selesai," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur seperti jalan tol ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing bangsa. Mobilitas orang dan barang akan semakin cepat sehingga menggerakkan ekonomi di daerah. Harga-harga juga akan semakin murah.


>

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

Vaksinasi Ulang Difteri, Kemenkes Prioritaskan Daerah Lokasi Asian Games

  • 3 Warga Situbondo Terjangkit Difteri
  • Pengungsi Banjir Aceh Utara Krisis Obat-obatan
  • Pemprov Jakarta Akan keluarkan Pergub Untuk Tanggul Jakarta

Indonesia kini juga menjadi role model dalam hal pengembangan Buku Kesehatan Ibu dan Anak