BERITA

Ini Persiapan Polisi Antisipasi Karhutla Jelang Asian Games

"Selain bersiaga menjaga keamanan jelang helatan olahraga Asian Games 2018 pada Agustus ini, kepolisian juga bersiap menghadapi kebakaran hutan dan lahan di pelbagai wilayah."

Dwi Reinjani

Ini Persiapan Polisi Antisipasi Karhutla Jelang Asian Games
Ilustrasi: Asap membumbung dari lahan yang terbakar di Pedamaran Induk, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, Selasa (17/7). (Foto: ANTARA/ Nova W)

KBR, Jakarta - Selain bersiaga menjaga keamanan jelang helatan olahraga Asian Games 2018 pada Agustus ini, kepolisian juga bersiap menghadapi kebakaran hutan dan lahan di pelbagai wilayah.

Juru bicara Mabes Polri Setyo Wasisto mengatakan, sebanyak ratusan personel diturunkan guna membantu Satgas Karhutla memadamkan api. Selain itu, pasukannya juga aktif memantau kemunculan titik api dari satelit.

"Satgas karhutla semaksimal mungkin, jadi sekarang itu ketahuan ada titik api atau titik panas yang termonitor oleh satelit maka itu langsung didatangi, segera diupayakan untuk dimatikan," ujar Setyo di kantornya, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

"TNI, Polri terus kemudian Manggala Agni, BPBD. (leading-nya siapa?) Ada itu kalau tidak salah di bawah koramil. (Penyelidikan sebab muncul api?) Ada alamiah ada yang disengaja, kalau yang alamiah yang gambut, tapi gambut juga adanya di Kalimantan," tambah Setyo.

Sebelumnya, antisipasi Karhutla jelang Asian Games 2018 merupakan instruksi Presiden Joko Widodo ke Kapolri Tito Karnavian. Pemerintah tak ingin asap pekat akibat Karhutla mengganggu jalannya gelaran akbar olahraga se-Asia tersebut.

Setyo menambahkan, polisi kini juga tengah mengusut terduga pelaku pembakaran hutan di sejumlah wilayah. Tim penyelidik mulai mengintai pergerakan beberapa pihak yang dicurigai sebagai pelaku.

"Kami cari, kalau tertangkap diproses, seperti yang di Sumatra beberapa itu kita tangkep dan di proses. Yang ini juga masih dalam penyelidikan."

Selain polisi, tim kontinjensi Brimon juga diturunkan guna membantu proses pemadaman. Namun kata Setyo, jumlahnya tak banyak lantaran anggota Brimob lebih banyak dikerahkan untuk pengamanan Asian Games.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/nasional/07-2018/puluhan_hotspot_terpantau_di_sumatra/96628.html">Puluhan Hotspot Terpantau di Sumatra</a>&nbsp;<br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/07-2018/182_titik_api_di_kalbar__polisi__90_persen_diduga_kelalaian_manusia/96580.html">182 Titik Api di Kalbar, Polisi: 90 Persen Diduga Kelalaian Manusia</a></b></li>
    
    <li><a href="http://kbr.id/berita/02-2018/antisipasi_karhutla__ini_pesan_jokowi_pada_kapolri/94904.html"><b>Ini Pesan Jokowi ke Kapolri soal Antisipasi Karhutla<span id="pastemarkerend">&nbsp;</span></b></a><br>
    



Editor: Nurika Manan

  • Karhutla
  • Asian Games 2018
  • waspada karhutla
  • Satgas Karhutla
  • polisi
  • Setyo Wasisto

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!