BERITA

Ditanya Pelanggaran HAM, Prabowo: Saya Hanya Menjalankan Tugas

Ditanya Pelanggaran HAM, Prabowo: Saya Hanya Menjalankan Tugas

KBR, Jakarta – Calon Presiden Prabowo Subianto menegaskan hanya menjalankan tugasnya sebagai Komandan Jenderal Kopasus pada 1998. Ini dinyatakan Prabowo saat ditanya mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia oleh lawan politiknya Jokowi-JK. Saat itu ABRI di pimpin Wiranto sebagai Panglima ABRI. Prabowo mengaku menjalankan perintah dari atasannya untuk melindungi masyarakat dari ancaman kelompok radikal. Dia mengklaim jika menjadi presiden akan membela hak asasi manusia.

“Saya ada di sini, saya sebagai mantan prajurit telah menjalankan tugas sebaik-baiknya biar atasan saya yang menilai. Kan arah bapak (Jusuf Kalla –red) kira-kira gitu, bahwa saya tidak bisa menjaga HAM karena saya pelanggar HAM. Padahal bapak tidak mengerti justru kami-kami ini di tempat yang susah sering mengambil tindakan untuk menyelematkan rakyat Indonesia banyak,” ujar Prabowo saat debat Capres di Balai Sarbini (9/6).


Sebelumnya, nama Prabowo disebut-sebut terlibat dalam penghilangan aktivis pada 1997-1998 lalu. Bahkan Prabowo dipecat dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) lantaran diduga terlibat dalam penghilangan paksa. Belasan aktivis yang hilang hingga kini di antaranya adalah Wiji Thukul, Petrus Bima Anugrah.


Editor: Nanda Hidayat


  • prabowo
  • ham
  • debat
  • capres
  • Toleransi
  • petatoleransi_06DKI Jakarta_merah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!