BERITA

Aktivis Protes Holcim Eksploitasi Kapur Nusakambangan

Aktivis Protes Holcim Eksploitasi Kapur Nusakambangan

KBR, Cilacap– Puluhan aktivis lingkungan yang tergabung dalam Institut Imam Ghazali Pecinta Alam (Ighapala) Cilacap, Jawa Tengah menggelar aksi damai memprotes penambangan kapur oleh Pabrik Semen Holcim. Mereka menuntut supaya penambangan kapur segera dihentikan. Koordinator Lapangan, Muhamad Yahya mengatakan dalam sehari pabrik semen mengeruk setidaknya 24 ribu ton kapur. Kata dia, dalam jangka 20 tahun, sesuai kontrak penambangan, Pulau Nusakambangan akan habis ditambang.

"Menuntut kepada pemerintah untuk mengurangi ekploitasi oleh pihak Holcim terhadap Pulau Nusakambangan. Nantinya, di situ, bahwasanya ada lokalisasi pengerukan kapur di Pulau Nusakambangan. Nusakambangan itu berada di Lempeng Australia dan juga Lempeng Samudera Hindia yang berpotensi amat besar untuk terjadinya gempa bumi dan bencana tsunami. Lihat di peta, bahwasanya Pulau Nusakambangan merupakan benteng bagi Cilacap dan sekitarnya," jelasnya, Kamis (04/02/2016)


Koordinator Lapangan Aksi Damai, Muhamad Yahya menambahkan, bagi Cilacap, Pulau Nusakambangan merupakan benteng dari kemungkinan bencana tsunami. Dia mengungkap, pada 2006, saat terjadi bencana tsunami Pangandaran, Cilacap juga menjadi wilayah terdampak. Namun, wilayah kota terselamatkan karena Pulau Nusakambangan. Jika perbukitan kapur Nusakambangan habis dikeruk, maka saat terjadi tsunami air bisa menyapu daratan Cilacap. 

Editor: Malika

  • nusakambangan
  • Ighapala
  • pertambangan kapur
  • cilacap
  • pulau nusakambangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!