Seratus Ribu Kendaraan Diprediksi Keluar Jakarta Hari Ini

Jika dibandingkan periode libur Natal tahun lalu, volume kendaraan di puncak arus mudik tahun ini diperkirakan terjadi kenaikan tipis atau hanya 1,48 persen.

Jumat, 22 Des 2017 18:03 WIB

Kendaraan mudik mulai terlihat berjalan pelan di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (22/12/2017). (Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Jakarta - Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, semakin banyak kendaraan keluar dari Jakarta. Perusahaan pengelola jalan tol PT Jasa Marga memperkirakan puncak arus mudik libur Natal akan terjadi Jumat, 22 Desember 2017 hari ini. 

Juru bicara PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, hari ini diperkirakan ada 103 ribu kendaraan keluar Jakarta melalui Tol Cikarang Utama. Jumlah itu meningkat dibandingkan hari biasa yang hanya 78 ribu kendaraan.

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di pintu masuk tol, PT Jasa Marga menyiapkan sejumlah skenario.

"Prediksi Jasa Marga, puncaknya hari ini dengan kenaikan volume kendaraan sekitar 32 persen. Diperkirakan ada 103 ribu kendaraan di pintu Cikarang Utama. Kalau dibanding tahun lalu, naik sedikit. Untuk mengantisipasinya, di tol Cikarang Utama dari 13 pintu tol, kita bisa buat reversible dan movable gate toll, bisa sampai 20 pintu tol," kata Dwimawan kepada KBR, Jumat (22/12/2017).

Baca juga:

Jika dibandingkan periode libur Natal tahun lalu, volume kendaraan di puncak arus mudik tahun ini diperkirakan terjadi kenaikan tipis atau hanya 1,48 persen.

Dwimawan mengatakan, gerbang tol Cikarang Utama merupakan gerbang utama keluar masuk Jakarta, sehingga akan terjadi kepadatan kendaraan. 

Untuk arus balik libur akhir tahun, Dwimawan mengatakan puncak arus balik Natal diperkirakan terjadi pada Selasa, 26 Desember 2017. Sedangkan arus balik libur tahun baru diperkirakan terjadi pada 6 atau 7 Januari 2018 yang juga bertepatan dengan akhir libur sekolah. 

Pada 6-7 Januari 2018, volume kendaraan masuk di gerbang tol Cikarang Utama diprediksi akan meningkat hingga 27,49 persen, dari normalnya 71 ribu kendaraan menjadi 90.520 kendaraan.

Peningkatan arus lalu lintas juga diperkirakan akan terjadi di akses jalan tol lainnya, seperti pintu tol Cileunyi di Jalan Tol Purbaleunyi. Pada ruas tol tersebut, diprediksi terjadi peningkatan 21 persen dari biasanya 28.180 kendaraan, menjadi menjadi 34.350 kendaraan. 

Begitu juga volume kendaraan di ruas tol Ciawi-Jalan Tol Jagorawi yang diperkirakan meningkat 17 persen menjadi 36.557 kendaraan, dan di gerbang tol Cengkareng yang diprediksi meningkat 5,3 persen menjadi 95.087 kendaraan

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Seberapa besar ketertarikan generasi milenial terhadap koperasi di Indonesia saat ini?