HEADLINE

Peringatan 1 Desember, Polisi Waspadai Tiga Daerah Rawan

Peringatan 1 Desember, Polisi Waspadai Tiga Daerah Rawan


KBR, Jayapura - Kepolisian Daerah Papua mewaspadai tiga daerah rawan gangguan kemaanan, saat peringatan deklarasi politik bangsa Papua Barat, yang biasa diperingati setiap tanggal 1 Desember.

Kapolda Papua Paulus Waterpauw mengatakan tiga daerah itu adalah Kota Jayapura, Timika dan Wamena ibukota kabupaten Jayawijaya.


Baca: Peringatan Papua Merdeka, Komnas HAM Minta Aparat tak Reaktif


Paulus mengatakan ada sejumlah pihak yang tergabung dalam kelompok yang mengatasnamakan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) akan melakukan peringatan 1 Desember dengan cara melakukan doa bersama.


Polisi berharap pihak yang ingin melaksanakan kegiatan doa bersama dapat taat kepada aturan yang sudah disepakati bersama.


"Saya setuju dengan pernyataan Ketua DPRP kemarin bahwa jangan ada lagi upaya-upaya yang sedemikian rupa mengganggu ketentraman dan keamanan. Mau berdoa, silahkan berdoa saja. (Siaga satu?) Belum," katanya.


Baca: KNPB Tuding Aparat Intimidasi Warga jelang 1 Desember


Situasi di Kota Jayapura pada umumnya berjalan seperti biasa. Pada Kamis (1/12) pagi belum terlihat persiapan atau kerumunan massa di Rusunawa Perumnas III Waena yang rencananya akan dijadikan lokasi doa bersama.


Di Sentani, Kabupaten Jayapura, tepatnya di lokasi sekitar Makam Theys Hiyo Elsya yang biasa dilakukan doa bersama HUT OPM, saat ini hanya terlihat kerumunan anak sekolah dan aktivis HIV/AIDS untuk melaksanakan perayaan Haris AIDS yang juga diperingati setiap 1 Desember.


Baca: Pemerintah Ancam Tangkap Pelaku Peringatan Kemerdekaan Papua

Editor: Agus Luqman 

  • Papua
  • 1 Desember
  • Kemerdekaan Papua
  • Jayapura
  • OPM
  • KNPB

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!