Aksi demonstrasi FPI dan ormas Islam, Jumat (14/10/2016). (Foto: ANTARA)



KBR, Banyumas – Forum Umat Islam (FUI) Banyumas Jawa Tengah menggalang massa untuk menggelar aksi pada 4 November 2016 di Purwokerto, Jawa Tengah.

Aksi itu untuk mendesak Polri agar mengusut tuduhan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Koordinator Aksi FUI Banyumas, Fuad Sirojuddin mengatakan mereka juga mengundang ormas besar seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI)Banyumas. Namun tiga ormas itu tidak merespon ajakan FUI.

Baca juga:


Meski begitu, Fuad Sirojuddin Yahya mengatakan tetap akan mengerahkan massa untuk aksi 4 November mendatang. Ia mengklaim sedikitnya ada 20-an organisasi Islam di sekitar Banyumas yang akan bergabung dalam aksi 4 November. Ia memperkirakan jumlah massa mencapai 800 hingga 2000-an orang.

Sirojuddin mengatakan massa berasal dari ormas dan kelompok sektoral, seperti guru madrasah, imam masjid dan mushola, pondok pesantren dan majelis taklim.

Fuad mengklaim aksi 4 November di Purwokerto mendapat restu secara informal dari sejumlah tokoh agama dari ormas besar itu meski mereka tidak tidak turun langsung melakukan demonstrasi.

"Beliau (KH Khariri Sofa, Rois Suriah NU Banyumas) kemarin itu kan sangat sulit dihubungi karena kebanyakan di luar kota. Kita lebih condong ke MUI-nya, jadi dari FUI ke MUI. Biar MUI yang mengakomodir. Tapi sampai sekarang belum itu (direspon). Tetapi insyaalah, ada pengurus MUI yang gabung. Meski Ketua, Sekretaris, Bendahara tidak. Walaupun nanti tidak atas nama MUI. Ada salah satu, saya bukan bilang pengurus ya, seorang tokoh atau ajengan NU yang mendoakan. Tetapi beliau mengambil sikap untuk tidak turun ke jalan, untuk di Banyumas," jelas Fuad Sirojuddin.

Baca: ISIS Dompleng Aksi 4 November, Ini Tandanya   

Fuad menjelaskan, aksi akan dipusatkan di Markas Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah. Sebab, tuntutan utamanya adalah mendesak proses hukum terhadap Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok yang dianggap melakukan penistaan.

Aksi akan digelar setelah ibadah shalat Jumat di Masjid Agung Darussalam Purwokerto. Selanjutnya, massa akan bergerak menuju Polres Banyumas.

Fuad Sirojuddin menambahkan, FUI akan menyerahkan surat desakan untuk disampaikan ke Polri agar menindak tegas pelaku penistaan agama.

Aksi ini menurut Fuad merupakan murni respon umat Islam lantaran ada pihak yang menistakan Alquran dan tidak terkait dengan konstelasi politik di Jakarta.

Baca: Jelang Demo 4 November, Istana Minta Warga Beraktifitas Normal   

Editor: Agus Luqman 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!