HEADLINE

Aksi 299, Sebanyak 3 Fraksi Dukung Penolakan Perppu Ormas

Aksi 299, Sebanyak 3 Fraksi Dukung Penolakan Perppu Ormas

KBR, Jakarta- Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, dan Fraksi PAN menyatakan akan menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat. Hal itu disampaikan ketiganya kepada perwakilan massa aksi 29 September (299) yang digagas Presidium Alumni 212 di Komplek Parlemen RI.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon mengatakan, pembahasan Perppu Ormas akan dilaksanakan Komisi II DPR pada pertengahan Oktober mendatang. Ia memastikan Fraksi Gerindra di DPR akan melakukan berbagai upaya agar Perppu tersebut ditolak.


"Sejauh ini kami belum tahu persis secara resmi siapa yang mendukung Perppu Ormas ini dan siapa yang menolak. Saya sendiri termasuk yang ikut menolak Perppu ini sejak awal. Saya kira juga atas nama Gerindra akan menolak Perppu ini sebagai bagian dari komitmen demokrasi. Hal ini juga tidak sesuai dengan semangat Undang-undang Dasar 1945," kata Fadli di ruang pemimpin DPR RI, Jumat (29/09/17).


Hal senada juga disampaikan Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini. Ia mengatakan, Perppu Ormas tidak sesuai dengan prinsip Demokrasi dan keadilan. Jazuli sudah memerintahkan anggotanya di Komisi II DPR untuk melobi fraksi lain untuk menolak Perppu tersebut.


"Ini dilakukan demi menjaga sistem demokrasi," ujar Jazuli.


Fraksi PAN juga berjanji akan menolak Perppu Ormas tersebut dalam pembahasan di Komisi II DPR. Anggota Fraksi PAN, Daeng Muhammad beralasan Perppu ini harus ditolak untuk menjaga keutuhan NKRI.


"Jangan bikin Perppu seperti kacang goreng," ujar Daeng.


Sebanyak 25 orang perwakilan massa aksi 299 menyampaikan aspirasinya kepada pemimpin DPR di Gedung Nusantara III. Ketua Presidium Alumni 212, Slamet Maarif, menyampaikandesakan agar DPR   untuk menolak Perppu Ormas dan mengawal TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI).


Editor: Rony Sitanggang

  • aksi 299

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • aqilla6 years ago

    Tolak perppu ormas, karena itu bisa merusak ormas-ormas yang setia menjaga keutuhan NKRI. Ini adalah salah satu langkah awal untuk presiden untuk menjadi seorang yang diktator yang . http://transparan.id