Kapolri Tito Karnavian. Foto: Antara


KBR, Jakarta - Kapolri Tito Karnavian mengklaim pengakuan Freddy Budiman kepada Koordinator Kontras Haris Azhar tidak terbukti. Kata dia, kepolisian telah memeriksa berkas pledoi dan pengacara Freddy Budiman untuk mengonfirmasi pengakuan tersebut. 


Itu sebab, kata dia, Haris Azhar semestinya membuktikan terlebih dahulu kebenaran informasi sebelum diungkapkan ke publik.

"Karena kita sudah mendapatkan data-data pledoi, kita sudah memeriksa pengacaranya Freddy Budiman, semuanya tidak ada, tidak ada mengonfirmasi keterangannya beliau, sebaiknya sebetulnya Pak Haris sebelum menyampaikan ke publik, cari dulu lah, cross check ke sumber informasi yang lain, kalau ini betul-betul didukung oleh sumber informasi yang lain, baru oke," kata Tito di kantor Kemenkopolhukam, Rabu (3/8/2016).

"Dapatin dulu pledoi. Katanya ini, pengacaranya mengerti, pengacaranya freddy, tanya dulu, kalau dilempar ke publik, publik kemudian membentuk image buruk kepada satu pihak tertentu," lanjut Tito

Tito Karnavian menyebut keterangan Freddy bisa dikategorikan sebagai F6 di dunia intelejen. Ini berbeda dengan kategori A1 yang menunjukkan sumber informasinya dapat dipercaya dan informasi tersebut telah dikonfirmasi kepada sumber lain.

"F6 itu kira-kira, sumbernya diragukan orangnya bisa dipercaya, informasinya, kontennya,  belum dikonfirmasi dengan sumber yang lain," ujar dia.

Baca: Dilaporkan Polri, TNI, dan BNN, Ini Tanggapan Haris Azhar

Terkait status Haris, Tito menegaskan yang bersangkutan masih sebagai terlapor dan bakal dipanggil untuk menjalani pemeriksaan. Haris dilaporkan oleh TNI dan BNN atas pelanggaran UU ITE.

"Itu wajar-wajar saja, hak daripada institusi yang merasa dirugikan dengan informasi yang dianggap mungkin prematur, yang tidak terlalu kredibel sehingga bisa mengakibatkan nama baik menjadi kurang bagus," terang Tito.

Tito mengatakan, kemungkinan besar Polri juga akan melaporkan Haris. "Juga kemungkinan besar dari Polri juga akan melaporkan," ungkap Tito.

Baca juga: Beking Narkoba, Kontras Sudah Sampaikan Informasi Freddy ke Istana

Editor: Sasmito

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!