HEADLINE

TKI Sembunyi Mengenaskan di Hutan Malaysia, Kemenlu Sulit Melacak

TKI Sembunyi Mengenaskan di Hutan Malaysia, Kemenlu Sulit Melacak

KBR, Jakarta - Kementerian Luar Negeri mengaku kesulitan mencari dan memberikan perlidungan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang melarikan diri hingga ke hutan untuk menghindari razia kependudukan yang dilakukan Pemerintah Malaysia.

Meski demikian, Direktur Perlindungan WNI dari Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengatakan koordinasi pemerintah Indonesia-Malaysia terus dilakukan hingga saat ini untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.


Dalam koordinasi itu, kata Iqbal, pemerintah Indonesia mendesak pemerintah Malaysia agar memperlakukan dengan baik WNI yang terjaring razia.


"Dengan berakhirnya proses pendaftaran untuk Rehiring pada tanggal 30 Juni lalu, kita sudah meminta kepada pemerintah Malaysia beberapa hal. Satu kita minta akses kekonsuleran dan KBRI sudah dapatkan. Kedua, jaminan agar TKI kita yang ditangkap mendapatkan perlakukan yang baik dari mulai ditangkap hingga dipulangkan dan ketiga kita menginginkan prosesnya dipercepat," kata Iqbal di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (14/7/2017).


Menurut informasi yang diterima Kemenlu, otoritas Malaysia sudah menangkap 695 orang WNI berstatus pendatang asing tanpa izin (PATI). Mereka saat ini sedang dalam tahap penyelidikan oleh pihak penegak hukum Malaysia.


Iqbal mengatakan perwakilan Indonesia sudah berhasil mengunjungi TKI yang ditahan di depo Bukit Jalil sebanyak 300 orang.


"Dari 300 WNI yang ditahan, semua dalam kondisi baik. Mereka diberi makan dua kali sehari, snack juga dua kali sehari," kata Iqbal.


Baca juga:


Keterbatasan KBRI

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia mengklaim memiliki keterbatasan untuk membantu para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal, yang saat ini masih dalam persembunyian. Saat ini, KBRI berharap para TKI yang bersembunyi keluar dari persembunyian mereka.


Wakil Dubes RI untuk Malaysia, Andreano Erwin menyadari jika para TKI ilegal yang saat ini bersembunyi membutuhkan perhatian dan bantuan. Namun ia mengatakan KBRI memiliki keterbatasan dalam membantu mereka.


"Saya tahu saudara-saudara kita memiliki pilihan terbatas dan akhirnya memutuskan menjadi TKI ilegal. Namun ketika mereka ilegal, kami juga memiliki keterbatasan untuk membantu mereka. Kalau yang legal, tentunya kami memiliki banyak pilihan untuk membantu mereka jika memiliki masalah. Tentunya jika mereka datang ke KBRI kita bisa bantu, tetapi kalau sekarang bersembunyi, kita kan tidak tahu mereka dimana," kata Andreano Erwin saat dihubungi KBR, Rabu (12/7/2017).


Andreano mengakui saat ini para TKI yang bersembunyi sangat membutuhkan bantuan seperti makanan, atau kebutuhan lainnya. Namun ia mengatakan akan lebih baik jika para TKI itu keluar dari persembunyian untuk lepas dari masalah.


"Kita saat ini cuma bisa menunggu, kita berharap mereka keluar dari persembunyian. Itu pasti kita bisa melakukan bantuan," kata Andreano.


Andreano mengatakan komunikasi KBRI dengan pihak Malaysia memang tidak terganggu. Namun, KBRI tidak bisa begitu saja meminta Malaysia menyudahi razia yang saat ini  masih dilakukan.


"Begini, jika kita tinggal di negara orang, harus mengikuti aturan negera itu. Komunikasi kita dengan pihak Malaysia berjalan baik, namun kita tetap harus menghormati apa yang sedang dilakukan pihak Malaysia sekarang. Dalam waktu dekat, pihak Malaysia sudah berjanji untuk memberikan waktu bagi kita bertemu dengan TKI yang ditahan, nanti kita akan lakukan pendataan agar keluarga bisa menghubungi dan tidak cemas lagi," kata Andriano.


Baca juga:

 

Kondisi mengenaskan


Sebelumnya, LSM advokasi buruh migran Migrant Care Indonesia meminta pemerintah bergerak cepat melobi pemerintah Malaysia, agar nasib buruh migran yang saat ini bersembunyi di hutan bisa menemui kejelasan.


Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah mengatakan saat ini selain para buruh migran dewasa yang sembunyi, banyak juga dari mereka yang membawa serta bayi dan anak-anaknya ke dalam hutan.


Anis meminta pemerintah memastikan kebutuhan para buruh migran yang sembunyi bisa tercukupi.


LSM Migrant Care juga meminta pemerintah Malaysia tidak bertindak represif. Anis Hidayah mengatakan razia di Malaysia selama ini kerap disalahgunakan oleh aparat Malaysia untuk melakukan tindakan sewenang-wenang. Selain itu, banyak tindakan melanggar hukum yang selalu terjadi ketika petugas melakukan razia.


Sementar itu, aktivis Migrant Care Malaysia Alex Ong meminta Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Indonesia, Hanif Dhakiri segera datang menemui pihak Imigrasi Malaysia. Alex Ong menilai hingga saat ini belum terlihat adanya lobi serius untuk menangani kasus ini.


Aktivis Migrant Care Malaysia, Alex Ong mengatakan jika dilihat dari sisi lobi, jawaban dari Dirjen Imigrasi Malaysia sudah cukup jelas. Otoritas Malaysia menyatakan kebijakan yang dilakukan sekarang adalah otoritas negara mereka. Karena itu Malaysia tidak akan memperpanjang program izin kerja sementara.


Alex Ong berharap ada delegasi Indonesia yang datang ke Malaysia melakukan lobi.


"Kalau kita lihat, pemerintah Indonesia mungkin sudah membuat pernyataan. Tapi kapan mau datangnya? Kapan Hanif mau datang ke Malaysia, kapan Deplu mau bertemu dengan Deplu Malaysia?," kata Alex Ong saat dihubungi KBR, Jumat (14/7/2017).


Alex mengatakan Migrant Care tidak bisa mendapatkan akses untuk menjenguk para TKI tak berdokumen yang ditahan di Malaysia.


"Kita tidak bisa sembarang jenguk, hanya konselor saja yang bisa lihat. Dan pihak Malaysia sudah memberikan akses itu untuk KBRI. Semoga KBRI nanti bisa memberikan informasi mengenai kondisi TKI yang ditahan," kata Alex Ong.


Alex menambahkan, saat ini kondisi TKI yang mencari perlindungan di hutan atau gorong-gorong dalam kondisi makin terdesak. Razia juga terus dilakukan pihak Malaysia. Saat ini TKI yang bersembunyi terus membutuhkan bantuan makanan, perlengkapan dan obat-obatan.


"Kondisi TKI yang bersembunyi makin terdesak, kita minta KBRI jangan hanya menunggu. Turun ke lapangan dan buat crisis centre. Kalau kami yang datang ke KBRI, belum tentu juga diterima mereka. Saya mengingatkan, kondisi TKI yang berada di hutan dan terowong itu sangat terancam jiwanya. Karena saat ini cuaca di Malaysia sangat tidak menentu," tambah Alex Ong.

 

Editor: Agus Luqman 

  • TKI ilegal
  • TKI tanpa dokumen
  • TKI di Malaysia
  • razia tki di Malaysia
  • E-KAD Malaysia

Komentar (8)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • KABU LAYU5 years ago

    Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan, Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya. Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan. Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail ([email protected]) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda, Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: ([email protected]) Terima kasih semua.

  • loans3 years ago

    Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [[email protected]] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik Contact Details: e_mail Address:[email protected]>>>> WhatsApp:::+6282274045059 Company::Iskandar Lenders""""" Loan Amount:::Rp.700juta Name:::::Angga Annisa Country::::Indonesia Occupation:Trader Year:April,2020 Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

  • loan2 years ago

    COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY e_mail:::[[email protected]] W/A::::::::::::::::::::::::::::\+6282274045059 Website:https://iskandalestarikred.wixsite.com/iskandarlestariloans Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: [[email protected]] dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via: [mail:[email protected]] :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::\ :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::\ ::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: COMPANY:ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY e_mail:::[[email protected]]

  • Siti Maria2 years ago

    Nama saya Siti Maria, dari Indonesia. Saya menghubungi Ibu RIKA ANDERSON LOAN INVESTMENT untuk pinjaman bisnis tanpa jaminan sebesar $10,000. Kemudian saya diberitahu tentang langkah menyetujui jumlah pinjaman yang saya minta. Setelah mengambil risiko lagi karena saya begitu putus asa untuk mendirikan bisnis yang sangat mengejutkan saya, jumlah pinjaman disetujui dan dikreditkan ke rekening bank saya dalam waktu 7 jam perbankan tanpa stres untuk mendapatkan pinjaman saya. Saya terkejut karena saya adalah korban penipuan pertama! Jika Anda tertarik untuk mengamankan jumlah pinjaman tanpa jaminan & Anda berada di negara mana pun, saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi INVESTASI PINJAMAN RIKA ANDERSON melalui Situs web: www.rikaandersonloancompany.webs.com Email [email protected] Whatsapp: +1(929)526-0086 Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012 untuk pertanyaan dan penjelasan Siti: [email protected]

  • [email protected]2 years ago

    Nama:::::::::::::::::::::::::::[Queen Jamillah] Negara:::::::::::::::::::::::::::::[Indonesia] Jumlah:::::::::::::::::::[Rp.9,8 miliar] Alamat::::::::::::::::::::[Surabaya] W/A:::::::[+6287818697754] ☎::::::[+6287818697754] e_mail:::::::::::::::::[[email protected]] Teman-teman orang Indonesia Nama saya Jamiilah saya seorang muslim jika Anda membaca blog selama dua sampai tiga tahun sekarang Anda akan menemukan bahwa saya telah membuat beberapa kesaksian mengenai saya mendapatkan pinjaman dari Bunda Iskandar dan saya memang sangat senang karena memberi tahu semua orang bahwa ibu Iskandar memang pemberi pinjaman yang sangat tulus dan juga saya dapat membuktikan fakta bahwa begitu banyak pelanggan juga telah mendapatkan pinjaman yang benar dari ibu selama bertahun-tahun melalui saya dan saya sangat senang untuk itu [Kesaksian terbaru sekarang adalah bahwa suami saya harus menyusun rencana mendirikan perusahaan mencuri di (Surabaya))))))) sehingga dia juga dapat memiliki akses ke bisnis yang lebih dan lebih berorientasi pada keuntungan yang melibatkan capaital yang sangat besar sehingga saya harus menghubungi Ibu bahkan ketika saya belum menyelesaikan cicilan bulanan terakhir saya sehingga ibu setuju untuk meminjamkan saya dan suami saya karena rencana bisnisnya berorientasi pada keuntungan dan kami harus mengajukan pinjaman sebesar (((Rp. 9,8 miliar) sehingga dana untuk proyek tersebut akan menjadi e Cukup mengejutkan kami, pinjaman saya disetujui oleh manajemen dalam waktu beberapa jam dan setelah beberapa waktu transfer berhasil dilakukan dengan gangguan dari OJK atau lembaga pengatur keuangan lainnya] Ibu Iskandar tidak pernah menipu siapa pun atas uangnya, Ibu memang pemberi pinjaman yang sangat tulus Perusahaan Induk terdaftar di OJK jadi jangan takut Ibu Iskandar punya catatan bagus dalam meminjamkan Tarifnya sangat bersahabat dibandingkan dengan Bank Minimum (Rp.100juta))))) Maksimum (((((Rp.100 miliar) Detail Kontak Perusahaan: e_mail:::[[[email protected]]]] COMPANY::::::::::::[Iskandar Lestari Loan Company]]]

  • EFENDI QUEEN LISA2 years ago

    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk biaya kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima uang di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND ([email protected]) Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah   .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). `’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLRISINGFUND¨`».(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).([email protected]) .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )...(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). Perusahaan  Alamat Email:::[email protected] Nama Perusahaan :: ONE BILLION RISING FUND Jumlah Pinjaman ::: Rp.480.000.000.00 IDR Perusahaan Perusahaan WHATSAPP: +357 96 431 227 Nama Saya ::::: EFENDI QUEEN LISA Email Saya::::[email protected] Negara :::: Indonesia Perusahaan Terpercaya TARIMA KASIH

  • Dave Rocka year ago

    RECOVERY OF LOST FUNDS: ARE YOU A VICTIM OF THE BINARY OPTIONS, BITCOIN and LOAN SCAM CONTACT RECOVERY MASTERS Recovery Masters at email ([email protected]) are helping bitcoin scam victims recover stolen crypto coins from rippers. I’m American but live in Australia and I invested the sum of $ 357,800 in Bitcoin with a cryptocurrency company I met online. After a couple of weeks, my initial investment had increased from $ 203,800 to $ 579,850. This felt so good as the investment grew rapidly in just a few weeks. When it was time to retire, my withdrawal request was denied, all effort to make withdrawal declined, then I realized I had been ripped off. Thanks to credible and reliable recovery agent Recovery Masters.The hackers whom I learned are partners with chain lysis and audits of where your stolen funds end up helping me recover almost all lost Bitcoin. you contact RecoveryMasters on whatsapp also at WhatsAp +1(551) 202-23-35 they will attend to you if you have such an issue.

  • Richard Chadwick10 months ago

    Are you an individual businessman or a business organisation that wishes to expand in business ??, we offer financial instrument such as BGs, SBLCs,MTNs, LCs, CDs and others on lease and sales at a rate of 4%+2% of the face value and reasonable condition from a genuine provider. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs as well as in signatory project(s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication and any other project(s) etc. Contact : Mr. Richard Chadwich Contact Email: [email protected] Whatsapp # : +380 50 591 6795 With our financial/bank instrument you can establish line of credit with your bank and/or secure loan for your projects in which our bank instrument will serve collateral in your bank to fund your project. We deliver with time and precision as set forth in the agreement. Our terms and Conditions are reasonable and we work directly with issuing bank lease providers, this instrument can be monetized on your behalf for upto 100% funding. Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved. All relevant business information will be provided upon request. BROKERS ARE WELCOME & 100% PROTECTED!!! If Interested kindly contact me via Email:~ [email protected] serious enquiry only.