HEADLINE

Soeharto Jadi Pahlawan Nasional? JK: Tak Mudah

""Pak Harto, Gus Dur memang tidak mudah untuk mendapat penghargaan seperti itu" "

Ninik Yuniati

Soeharto Jadi Pahlawan Nasional? JK: Tak Mudah
Ilustrasi: Meme Presiden Soeharto (Sumber: Medsos)

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyamakan Soeharto dan Gus Dur terkait wacana pemberian gelar pahlawan nasional. Kata dia, kedua presiden ini sama-sama memiliki masalah ketika turun jabatan.

Karenanya, kata dia, baik Soeharto dan Gus Dur tidak mudah mendapatkan penghargaan tersebut. 

"Ya memang Pak Harto banyak memberikan banyak hal, walaupun dengan tentu waktu turunnya ada sedikit masalah. Sama dengan Gus Dur. Karena itu Pak Harto, Gus Dur memang tidak mudah untuk mendapat penghargaan seperti itu" kata Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jumat (20/5/2016).

Jusuf Kalla menambahkan, seseorang bisa diangkat menjadi pahlawan nasional apabila menurut panitia dinilai memenuhi kriteria-kriteria tertentu. 

"Jadi yang penting, sesuai kriterianya kita angkat, itu aja. Saya tidak tahu detailnya macam mana, tapi ada kriteria tertentu yang dipegang oleh panitia, tim-nya itu" ujar dia.

Sebelumnya, Partai Golkar mendukung pemberian gelar pahlawan nasional kepada Soeharto. Sementara, Partai Kebangkitan Bangsa menilai Abdurrahman Wahid (Gus Dur) juga layak dianugerahi gelar serupa. 


Editor: Rony Sitanggang

  • gelar pahlawan nasional
  • Wakil presiden Jusuf Kalla
  • Soeharto
  • gus dur
  • abdurahman wahid

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!