HEADLINE

Presiden Jokowi: Jangan Takut Melawan Tindakan Intoleran Atas Nama Apapun

Presiden Jokowi: Jangan Takut Melawan Tindakan Intoleran Atas Nama Apapun


KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta seluruh warga negara tidak takut melawan segala tindakan intoleran dan kekerasan. Pesan itu disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-62 di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 18 April 2016.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga meminta rakyat Indonesia tidak gampang tergoda dengan isu-isu SARA yang hanya memperlemah pilar kebangsaan Indonesia.


"Jangan takut melawan tindakan-tindakan intoleran dan kekerasan atas nama apapun. Mari terus perkuat komitmen komitmen bersama kita dalam menjaga dan merawat kodrat kebersamaan kita, Bhineka Tunggal Ika," kata Jokowi di Istana Negara, Selasa (18/4/2017).


Baca juga:


Jokowi menambahkan, hidup harmoni dalam kebhinekaan juga dicerminkan para pendiri Konferensi Asia Afrika (KAA). Jokowi mengingatkan kembali saat pembukaan KAA pertama di Bandung, pada 18 April 1955. Saat itu, kata Jokowi, Presiden pertama Indonesia, Soekarno menyebutkan prinsip kesatuan (unity) dan kemajemukan (diversity) sebagai kekuatan pemersatu.


"Pada waktu itu para delegasi dari setiap negara juga memakai baju nasional masing-masing. Beraneka corak, beraneka ragam, beraneka warna. Semua itu menunjukkan bahwa perbedaan latar belakang, warna kulit, agama maupun budaya tidak menghalangi kita untuk bersatu," lanjut Jokowi.


Jokowi mengatakan Indonesia patut bangga karena memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika sebagai kodrat kebangsaan. Semboyan itu, kata Jokowi, menjadikan Indonesia sebagai referensi bagi dunia internasional sebagai negara yang mampu mengelola keberagaman.


"Dulu Indonesia menjadi salah satu inisiator solidaritas Asia Afrika, menjadi inspirator negara terjajah untuk merdeka. Sekarang Indonesia menjadi rujukan dalam mengelola keberagaman suku, agama, ras, dan antar golongan," kata Jokowi.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • Jokowi
  • Presiden Jokowi
  • Joko Widodo
  • intoleran
  • kelompok intoleran
  • radikal
  • garis keras
  • kekerasan atas nama agama
  • konferensi asia afrika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!