Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpose dengan kedua tangan memasang simbol angka tiga saat menggunakan hak pilih di TPS 28 Cilandak Barat Jakarta, Rabu (19/4/2017). (Foto: ANTARA)

Agenda Pertama Anies: Memastikan Jakarta Tetap Bersatu

18:0519 April

KBR, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan berjanji akan menjaga kerukunan, persatuan dan kebhinekaan di Provinsi DKI Jakarta.

Janji itu disampaikan Anies Baswedan, usai deklarasi kemenangan pasangan Anies-Sandi dalam pilkada DKI Jakarta putaran kedua, pada Rabu 19 April 2017. Deklarasi itu didasarkan pada perolehan hitung cepat dari berbagai lembaga survei, dimana Anies-Sandi memperoleh suara lebih dari 50 persen.

"Agenda pertama dan utama kami adalah memastikan Jakarta tetap bersatu, Jakarta tetap milik bersama. Anies-Sandi bukan hanya akan mengabdi pada sekelompok orang, atau pada pemilihnya saja, tapi mengabdi pada seluruh warga Jakarta," kata Anies Baswedan di DPP Gerindra, Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Anies juga menyinggung pesan yang selalu disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto agar ia selalu menjaga kebhinekaan. "Itu yang akan kami perjuangkan," kata Anies.

Anies mengatakan setelah pilkada usai, maka tugas dari para relawan dan pendukung belum selesai, karena ada tugas yang lebih besar menunggu.

"Tugas besar menanti bersama-sama, yaitu untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta," kata Anies.

"Tidak ada yang bisa mencegah takdir Allah. Apa yang terjadi hari ini adalah semata-mata karena Allah. Dia Yang Maha Membolak-balikkan hati telah membalikkan hati warga Jakarta dalam memilih hari ini," kata Anies.

Dalam pidatonya, Anies juga memuji pasangan Ahok-Djarot.

"Kami sadar, Pak Basuki Pak Djarot adalah putra-putra terbaik bangsa yang sudah bekerja keras untuk Jakarta," lanjut Anies.

Anies juga mengingatkan para pendukungnya untuk tidak larut dalam kemenangan dan tidak sombong.

"Mari kita tunjukkan, ketika kita diberi amanat, tidak diiringi kesombongan. Mari kita jaga agar tetap sopan, tetap rendah hati. Cukup sudah percekcokan di antara kita," kata Anies.
 


Ahok-Djarot: Selamat untuk Anies-Sandi, Kami Akan Kerja Cepat di Enam Bulan Ini

17:4319 April

KBR, Jakarta - Pasangan calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mengucapkan selamat terhadap pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno yang memenangi pemilihan gubernur DKI Jakarta putaran kedua, meski baru versi hitung cepat lembaga survei.

Djarot Saiful Hidayat yang saat ini menjabat wakil gubernur petahana DKI Jakarta mengatakan meski semua pihak harus menunggu putusan dan penetapan resmi dari KPU DKI Jakarta, namun ia mengakui kekalahan di putaran kedua.

"Berdasarkan hasil hitung cepat, pasangan Pak Anies-Sandi unggul. Oleh karena itu, saya mengucapkan selamat kepada beliau. Sambil kita menunggu nanti hasil penghitungan secara RC, resmi oleh KPU DKI," kata Djarot di Posko Pemenangan Ahok Djarot di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Djarot juga meminta para pendukung dan relawan tetap menjaga ketenangan hati dan menghilangkan dendam, amarah dan angkara murka yang mungkin muncul karena kekalahan di putaran kedua kali ini.

"Saya berharap kebesaran jiwa dan kekuatan batin itu jadi modal bagi warga untuk turut membantu membangun Jakarta di pemerintahan baru berikutnya," lanjut Djarot.

Basuki Tjahaja Purnama yang saat ini menjabat gubernur petahana DKI Jakarta mengatakan akan bekerja cepat untuk menyelesaikan masa jabatan selama enam bulan sebelum pelantikan, guna menuntaskan janji-janji sebelumnya yang belum terlaksana.

"Kami berusaha melunasi pekerjaan rumah dan janji-janji kami. Tentu mungkin tidak bisa tuntas semuanya. Jadi kami berharap nanti bisa diteruskan Pak Anies-Sandi. Kami akan bekerja cepat, supaya beban Pak Anies-Sandi nanti bisa lebih ringan," kata Basuki.

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjamin dirinya dan Djarot terbuka untuk dihubungi pasangan Anies-Sandi demi proses peralihan pemerintahan lima tahun ke depan.

"Ini bukan pemilihan presiden, jadi tidak perlu ada tim transisi segala," kata Ahok. Ia menggaris bawahi apa yang disampaikan wakilnya, Djarot Saiful Hidayat sebelumnya, bahwa sistem pemerintahan di DKI Jakarta menggunakan open government yang bisa diakses oleh semua pihak, termasuk pasangan Anies-Sandi.

Ahok juga meminta warganya tidak terlalu larut dengan kekalahan.

"Kalau merasa sedih kecewa, tidak apa-apa. Tapi kekuasaan itu Tuhan yang kasih, Tuhan juga yang ambil. Jadi semua itu nggak usah terlalu dipikirkan. Tuhan selalu tahu yang mana yang terbaik," kata Ahok.
 


LIVEBLOG - Final DKI-1, Akhirnya Gubernur Baru...

15:5119 April

KBR, Jakarta - Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendeklarasikan kemenangan pada Pilkada Jakarta putaran kedua.

Deklarasi dilakukan di rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di kawasan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Prabowo Subianto mengatakan kemenangan ini tak lepas dari dukungan tokoh nasional seperti Amien Rais, Harry Tanoesoedibjo dan Hasjim Djojohadikusomo. Menurut Prabowo, hasil Pilkada ini merupakan kemenangan demokrasi.

Meski begitu, calon Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menyatakan masih menunggu hasil akhir resmi KPUD. Tetapi dia menjanjikan akan terus konsisten pada keadilan sosial,dan membereskan masalah ketimpangan di Ibukota.

Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan segera menemui rivalnya pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat.

Deklarasi kemenangan itu dilakukan setelah hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan Anies-Sandi memperoleh suara lebih dari 50 persen, dengan suara masuk sudah mencapai lebih dari 70 persen.

Manipulasi Suara

Sementara itu, pengurus Dewan Pimpinan Daerah DPD Gerindra DKI Jakarta bakal mengawal keunggulan suara yang sudah diperoleh pasangan Anies-Sandi hingga penghitungan manual selesai dilakukan di KPU.

Pengurus DPD Gerindra DKI Jakarta, Habiburokhman menyatakan Partai Gerindra akan mengantisipasi kemungkinan adanya manipulasi suara. Dia mengatakan, usai penetapan secara resmi di KPU, Anies akan jadi gubernur bagi semua kalangan.

"Kita akan terus kawal dan jaga kemenangan ini, agar jangan ada manipulasi. Sampai benar-benar ditetapkan oleh KPUD bahwa Jakarta memiliki gubernur baru," kata Habiburrahman kepada KBR, Rabu (19/4/2017) sore.

Habiburokhman menyatakan isu bagi-bagi sembako, yang dikabarkan dilakukan tim sukses Anies-Sandi, tidak berpengaruh banyak terhadap pemilih Jakarta.

Anies-Sandi maju ke Pilkada DKI Jakarta diusung Gerindra dan PKS.

Cagub-cawagub DKI Jakarta Anies-Sandi unggul dalam survei yang dilakukan LSI, Saiful Mujani Research Center, dan Polmark.

Pasangan Anies-Sandi mendapatkan suaranya sekitar 55 persen, sementara pasangan Ahok-Djarot di kisaran 45 persen. Tiga lembaga survei itu sudah menghitung lebih dari 70 data masuk sampel hitung cepat.
 

Kapolri: Pilkada Aman Terkendali

15:3519 April

KBR, Jakarta – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Tito Karnavian mengatakan dalam pantauannya hingga pukul 13.00 WIB hari ini tidak ada laporan keributan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang perlu dikhawatirkan.

Tito mengatakan beberapa TPS memang melaporkan ada keributan namun sudah segera diselesaikan dengan baik.

"Ada memang kejadian kecil saja yang mungkin karena salah paham, tapi sudah diselesaikan dengan baik. Hari ini kita masih akan lakukan pemantauan terus. Kekuatan masih dikerahkan di lapangan dan petugas masih standby," kata Tito saat ditemu di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Kapolri Tito meminta seluruh petugas tim pemungutan suara maupun aparat kemanan bersikap kooperatif dan tetap netral agar keamanan tetap terjaga.

Selain itu, kata Tito, Polri tetap akan berkonsentrasi pada saat penghitungan suara karena pada saat itu rawan adanya gesekan.

"Kita akan awasi sampai penghitungan. Jadi nanti kalau ada hal yang tidak sesuai atau temuan-temuan yang janggal atau ada ketidak puasan dari pihak tertentu, bisa diselesaikan secara hukum. Misalnya di KPU, MK dan lain-lain. Sekali lagi saya tegaskan situasi hingga saat ini masih aman terkendali," kata Tito.

Tito menambahkan Polri akan terus melakukan kegiatan pengamanan di Jakarta, mengingat saat ini masih ada agenda sidang dugaan penistaan agama dimana sidang akan segera memasuki agenda tuntutan.

Tito mengatakan tidak akan ada penambahan petugas keamanan pada saat melakukan proses penghitungan suara maupun pasca penghitungan. Petugas yang berada di TPS sudah diperintahkan untuk melakukan pengawasan sampai akhir di setiap tingkatan.

"Saat ini saya akan memantau kembali seputar jakarta dan Pulau Seribu, lalu nanti ada pantauan darat untuk mengunjungi petugas jaga," lanjut Tito.
 


Ahok Unggul di TPS 17 Petamburan

15:0119 April

Pasangan calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali menang di TPS 17 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ini merupakan TPS dimana Ketua FPI Rizieq Sihab menggunakan hak pilihnya di Pilkada DKI 2017.

Pada penghitungan suara di putaran kedua, Rabu (19/4/2017), Ahok-Djarot memperoleh suara 286 suara, sedangkan Anies-Sandi memperoleh 250 suara. Sementara 11 surat suara dinyatakan tidak sah. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 17 Petamburan sebanyak 746 orang. Sebanyak 199 kertas suara dinyatakan tidak terpakai.

Pada pilkada DKI putaran petama, 15 Februari 2017 lalu, pasangan Ahok-Djarot juga memperoleh suara terbanyak, 279 suara. Sedangkan pasangan Anies-Sandi memperoleh 212 suara dan Agus-Sylvi sebanyak 38 suara.

Menit-menit Menegangkan di Tengah Klaim Kemenangan

14:3519 April

KBR, Jakarta - Kurang dari dua jam pasca penutupan TPS (pukul 13.00 WIB), pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno mengklaim meraih kemenangan di pemilihan putaran kedua, Rabu (19/4/2017).

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), partai pengusung Anies-Sandi mengklaim kemenangan itu berdasarkan hasil penghitungan cepat dengan metode exit poll dari sejumlah lembaga survei.

"Ini kabar membahagiakan. Artinya, sampai real count maka keinginan kita sesuai tag line maju kotanya, bahagia warganya Insya Allah bisa direalisasi," kata Presiden PKS Sohibul Iman di DPP PKS, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Acuan yang digunakan untuk mengklaim kemenangan itu, setidaknya mendasarkan pada exit poll Lingkaran Survei Indonesia pimpinan Denny JA. Exit poll itu mengacu pada survei dengan metode wawancara terhadap sampel pemilih yang baru menggunakan hak pilih dan keluar dari TPS.

Data exit poll LSI Denny JA itu dipublikasikan sebelum TPS resmi ditutup pada pukul 13.00 WIB. Meski begitu, lewat akun Twitter, Denny JA tidak menyebutkan persentase kemenangan Anies-Sandi.

Selain LSI, sejumlah lembaga survei juga melakukan hitung cepat dan hasilnya memperlihatkan keunggulan Anies-Sandi.

Hingga pukul 14.50 WIB, penghitungan dengan metode quick count LSI Denny JA menyebutkan Ahok-Djarot memperoleh 45,19 persen dan Anies-Sandi memperoleh 54,81 persen, dengan data masuk 59,71 persen.

Sementara itu hitung cepat yang digelar Saiful Muzani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan Ahok-Djarot memperoleh 41,77 persen dan Anies-Sandi 58,23 persen dengan data masuk 48,45 persen.

Sedangkan penghitungan cepat Polmark menunjukkan hasil tidak jauh beda. Ahok-Djarot memperoleh 43,18 persen dan Anies-Sandi 56,8 persen dengan data masuk 56 persen.

Pada penghitungan lain dengan metode real count (penghitungan berdasarkan foto plano C1 oleh relawan) yang dilakukan lembaga Kawal Pilkada, menunjukkan pasangan Ahok Djarot unggul sementara dengan 57,84 persen. Sedangkan Anies-Sandi memperoleh 42,16 persen, dengan data masuk dari 334 TPS dari total 13.034 TPS (2,56 persen).
 


Sempat Dihalangi, Berlian Akhirnya Bisa Mencoblos di TPS Rizieq Sihab

13:5219 April

KBR, Jakarta - Anggota KPU Jakarta Pusat Yose Rizal menyatakan warga negara bernama Berlian Sitorus pemilik KTP Petamburan bisa menggunakan hak pilih di TPS 17 Petamburan. Keputusan itu mendapat penolakan dari salah satu saksi sempat menolak.

Yose Rizal mengatakan, Berlian yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, memiliki hak untuk memberikan suara di TPS 17 Petamburan, walaupun dia sudah tak tinggal di wilayah tersebut.

Adapun kepada saksi yang menolak, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meminta saksi mengisi formulis C2 untuk menulis keberatannya. TPS 17 Petamburan merupakan lokasi dimana Ketua FPI Rizieq Shihab menggunakan hak pilihnya pada Pilkada kali ini.

"Dalam aturan, KTP expired itu sebenarnya tidak masalah, selama dia tercantum dalam DPT. Dia sudah terekam di kelurahan, di Dukcapil. Ketika sudah terekam, sebenarnya boleh pilih.? Tadi sudah selesai orang tersebut, pemilih itu tetap bisa memilih. Jadi tidak ada simpang-siur, tidak benar kalau orang itu tidak bisa memilih, diusir, dan sebagainya. Ini sudah clear," kata Yos Rizal saat meninjau TPS 17 Petamburan, Rabu (19/4/2017).

Yose Rizal mengatakan, Berlian berhak memberikan suaranya karena telah terdaftar dalam DPT. Menurutnya, nama yang tercantum dalam DPT itu otomatis terdaftar dalam data kelurahan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Awalnya, Berlian ingin menggunakan hak pilihnya di TPS 17 Petamburan, dan memiliki KTP beralamat RT01/RW04 Petamburan, meski bukan KTP elektronik. Namun, saksi pasangan calon nomor urut tiga menolak karena Berlian sudah tak tinggal di Petamburan.

Meski begitu, Berlian diputuskan tetap dapat memberikan suaranya di TPS ini. Keputusan itu menimbulkan keributan. Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat, Wiwin sempat diusir dari TPS. Tetapi, keributan dapat dilerai oleh petugas gabungan yang menjaga TPS tersebut.

Hingga pukul 13.46 WIB, pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat unggul sementara dalam penghitungan suara di TPS 17 Petamburan. TPS ini juga menjadi tempat pemungutan suara Ketua FPI Rizieq Shihab.



Penghitungan Suara di Petamburan

13:4319 April


Final DKI1, Habibie: Lancar

13:0019 April

KBR, Jakarta- Eks Presiden  BJ Habibie mengajak serta cucunya M. Pasha N.F Habibie ke lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 di Jalan Patra Kuningan Timur Jakarta Selatan. Tepat pukul 10 pagi, ia mendatangi  TPS  dengan menggunakan batik dan kopiah, berjalan beriringan dari rumahnya menuju lokasi.

Habibie menilai pemungutan suara di tempatnya  terpantau lancar.  Kata dia, para tetangga dan masyarakat mau menggunakan hak pilihnya tanpa terpengaruh isu  intimidasi dari kelompok manapun. Ia juga mengatakan bahwa pemilihan ini menjadi sorotan Dunia, sebagai penilaian Demokrasi Indonesia.

"Harinya baik, orangnya disiplin pergi untuk memilih apa yang nurut keyakinan terbaik untuk rakyat dan bangsa Indonesia. Dan dengan kesadaran bahwa Jakarta mau tidak mau adalah ujung tombak Demokratisasi Indonesia dan mungkin di dunia. Jadi kita perlihatkan budaya kita yang benar bahwa kita hidup Demokratis," ujar Habibie, saat ditemui wartawan di Lojasi TPS, Rabu (04/19).

Sementara itu menurut Juru Bicara Kepolisian Indonesia Boy Rafli Amar, hingga saat ini pemantauan di berbagai TPS masih terkendali dan terlihat damai. Namun pantauan masih terus dilakukan mengingat proses pemilihan masih berlangsung hingga malam nanti.

"Pokoknya kita dari kemarin sudah banyak mengimbau, sudah keluar maklumat,  imbauan persuasif, jadi aman damai itulah harapan kita. Kami berterimakasih masyarakat mendukung untuk memberikan suasana damai," ujar Boy.


Puluhan Karung Sembako Terkait Pilkada? Ini Kata Panwaslu Jakbar

12:5519 April

KBR, Jakarta- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jakarta Barat masih mendalami temuan 6 unit mobil berisi sembako yang disita Polsek Kalideres. Ketua Panwaslu Jakarta Barat Puadi mengatakan, lembaganya masih memeriksa saksi, pelapor, dan juga terlapor dugaan politik uang tersebut.

"Ini kan laporan masyarakat sekaligus temuan. Ini kan baru dugaan dan indikasi pelanggaran. Ini yang menemukan Panwaslu Kecamatan Kalideres," kata Puadi di Mapolsek Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (19/04/17).

Puadi mengatakan, sembako-sembako itu diduga akan dibagikan oleh simpatisan pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta nomor pemilihan dua, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Panwaslu sudah melayangkan surat panggilan kepada tim pemenangan Ahok-Djarot untuk mengkonfirmasi temuan tersebut.

"Apakah ini terkait Pilkada atau tidak, kita mau memanggil pihak terlapor yang sudah dua kali dipanggil tapi tidak hadir. Nanti kita akan minta bantuan Kepolisian untuk mendatangkan terlapor tersebut," kata Puadi.

Enam unit mobil sembako yang terdiri dari satu truk, tiga mobil box dan dua pick up ini disita Polsek Kalideres pada senin, 17 April 2017. Kepolisian menduga sembako tersebut akan digunakan untuk serangan fajar jelang pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.


Editor: Rony Sitanggang


Pesan Presiden Jokowi Usai Menggunakan Hak Suara

11:1619 April

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) IV Gambir, Jakarta Pusat. Jokowi datang bersama dengan Ibu Negara, Iriana sekitar pukul 10.45 WIB.

Usai mencoblos, Jokowi menyampaikan kepada media bahwa ia yakin pilkada Jakarta berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang terbaik. Ia berpesan agar tidak terjadi perpecahan karena perbedaan politik. Ia pun mengimbau agar siapapun yang terpilih harus diterima.

"Dan juga perbedaan pilihan politik jangan sampai memecah belah persatuan kita,. Karena kita ingat kita semua adalah bersaudara. Apapun hasilnya siapapun yang terpilih, harus kita terima dengan lapang dada," kata Jokowi usai mencoblos di TPS IV Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (19/4/2017).

Pada putaran pertama lalu, TPS IV tempat Jokowi mencoblos, dimenangkan oleh pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat.  


Setelah Mencoblos, Ayo Kembali ke TPS Lagi

11:0819 April

Bagi Anda yang warga Jakarta dan sudah mencoblos pilihan politik Anda di TPS, maka ada satu langkah lagi yang bisa Anda lakukan. 

“Masyarakat sekarang sudah lebih pintar. Dari pengalaman Pilpres misalnya, terlihat kalau quick count dan survei itu hasilnya bisa beda-beda,” kata Sandra Sahelangi dari Kawal DKI dalam perbincangan di KBR Pagi bersama Hilbram Dunar dan Adit Insomnia. 
Kawal DKI adalah bagian dari Kawal Pilkada, sebuah inisiatif partisipasi publik untuk Pilkada bersih di Jakarta. 
“Kami mengklaim sebagai real count, bukan quick count.”
Kawal DKI mengajak partisipasi publik untuk memfoto C1 plano dari TPS, yang berisi hasil penghitungan suara, yang sudah ditandatangani para saksi, dari 13 ribu lebih TPS yang ada. Setelah itu, foto C1 plano itu bisa diunggah ke website Kawal DKI. Data yang masuk dari setiap TPS akan diolah dan dari situ akan muncul siapa pemenang final Pilkada DKI Jakarta ini. 
“Idealnya, kita akan dapat hasil yang sama persis dengan KPUD,” tutur Sandra lagi. 
Di Pilkada Jakarta putaran pertama, menurut Sandra, Kawal DKI mengumpulkan sekitar lima ribuan foto. “Foto yang masuk itu harus diklarifikasi dulu, apakah ada tertera lokasi TPS, apakah ada tanda tangan saksi atau tidak,” jelas Sandra. 
Di Pilkada Jakarta putaran kedua ini, satu suara pun sangat berarti. Kawal DKI mengajak siapa pun untuk ikut berpartisipasi mengawal Pilkada bersih lewat aplikasi di ponsel pintar Android  dan iOS  atau bisa juga masuk ke website kawaldki.net . 
“Dari proses ngeklik sampai masukin foto, kita jamin nggak ribet, dan rata-rata selesai dalam satu menit. Cukup pakai smartphone.” Sandra memastikan, foto C1 plano yang diunggah akan diverifikasi oleh timses yang mewakili pasangan calon nomor 2 dan 3. Jika ada perbedaan foto C1 dari sejumlah pengunggah foto, maka Kawal DKI akan mengontak sukarelawan untuk melakukan verifikasi di lapangan. “Yang diupload foto C1 lengkap dengan nama TPS dan tanda tangan saksi ya, bukan foto selfie,” tambah Sandra lagi. 
Jadi, silakan kembali ke TPS nanti jam 13 untuk mengikuti proses penghitungan suara. Bagi yang mengunggah foto terbanyak lewat aplikasi, ada hadiah iPhone 7 atau voucher online shopping senilai Rp 50 ribu lho! 
Sandra dari Kawal DKI mengundang sebanyak mungkin orang untuk mengunggah foto C1 plano ke website atau aplikasi Kawal DKI. "Idealnya, nanti jam 9 malam kita sudah tahu hasil final Pilkada Jakarta lewat foto-foto C1 Plano yang terkumpul. 
Satu hal yang diingatkan Sandra,“Yang diupload foto C1 lengkap dengan nama TPS dan tanda tangan saksi ya, bukan foto selfie!”

Final DKI1

10:3119 April


Panwaslu Jakpus Sita Puluhan Karung Sembako di Petamburan

10:2019 April

KBR, Jakarta- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Jakarta Pusat menyita 53 karung yang berisi paket Sembako dari sebuah rumah di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain itu, Panwas juga menyita 10 karung beras 50 kilogram, 60 kardus minyak goreng dan gula.



Ketua Panwaslu Jakarta Pusat, Halman Muhdar mengatakan, barang bukti ini diduga berasal dari rumah salah satu ketua RT di Petamburan.

"Kita masih melakukan pendalaman melalui saksi, pelapor dan kita undang juga ketua RT," kata Muhdar di kantor Panwaslu Jakpus, Rabu (19/04/17).

Selain sembako, kata Muhdar, Panwaslu juga menyita spanduk Barisan Relawan Basuki Djarot (Bara Badja). Namun Ia belum memastikan modus yang digunakan dalam dugaan politik uang ini.

"Kita juga mempertanyakan mengapa ada sembako sebanyak ini dan untuk apa? Indikasinya ini antara sembako murah atau pembagian sembako gratis," ujarnya.


Editor: Rony Sitanggang


Nama ada di DPT, Berliana Protes

10:1019 April


Anda Sudah Memilih?

10:0419 April

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat sudah mencoblos. Anda sudah?

Jangan lupa gunakan hak pilih anda hari ini. Satu suara sangat menentukan nasib Jakarta ke depan. #ba2ukidjarotmenang #pilkada #jakarta

Sebuah kiriman dibagikan oleh Haji Djarot Saiful Hidayat (@djarotsaifulhidayat) pada

Sementara calon gubernur Jakarta Anies Baswedan mengunggah sejumlah foto di akun Instagram tadi pagi, dengan pesan: jangan lupa sarapan sebelum ke TPS.

Teman-teman, jangan lupa sarapan sebelum ke TPS... :)

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anies Baswedan (@aniesbaswedan) pada

Dan pasangannya, calon wakil gubernur Sandiaga Uno, mengunggah video pagi ini di akun Instagramnya.

Tamasya Al Maidah, Rizieq: Bukan Teror

10:0419 April

KBR, Jakarta- Petinggi FPI Rizieq Shihab menyalurkan hak pilihnya di TPS 17 Petamburan IV Jakarta Pusat. Rizieq datang sekitar pukul 08.19 WIB, dengan didampingi istri, anak dan puluhan pengikutnya. Rizieq juga dijaga ketat beberapa pengawal.

Pemimpin  FPI itu langsung duduk dan dipanggil panitia TPS untuk  mencoblos. Rizieq langsung meninggalkan lokasi setelah memberikan keterangan kepada awak media.

Dalam keterangannya, Rizieq menyatakan Pilkada DKI Jakarta akan aman, jika digelar tanpa ada kecurangan. Salah satu cara mengawasi kecurangan, ujar Rizieq adalah dengan gelaran Tamasya Al Maidah.

"Pilkada digelar dengan jujur dan adil. Apapun hasilnya tidak akan menimbulkan persoalan. Tapi kalau digelar tanpa kejujuran dan keadilan, bahkan dengan kecurangan yang nyata, itu bisa  jadi pencetus persoalan," ujarnya di TPS 14 Parkiran Gereja Bethel Jakarta, Rabu (19/4/2017).

"Tamasya Al Maidah 51 adalah hak setiap WNI untuk mengontrol, memonitor, mengawasi jalannya Pilkada DKI agar berjalan tanpa kecurangan," ungkapnya.

Dia mengaku sudah menyampaikan tujuan Tamasya Alamidah kepada kepolisian. Rizieq menegaskan Tamasya Al Maidah bukan gerakan untuk melakukan teror atau intimidasi.

"Saya sudah sampaikan ke polri, Tamasya Al Maidah 51 bukan teror. Tapi penyebaran masyarakat dari masyarakat dari mana-mana datang, mereka ingin mengawal pilkada yang Jurdil. PDIP juga ngundang dari daerah, Bu Megawati juga kan. Silakan. Kami para ulama juga ngundang dari daerah, jangan dibesar-besarkan," tegasnya.

Rizieq menegaskan negara tidak boleh melarang warganya memilih pemimpin yang seiman dengan mereka. Negara dianggap melanggar aturan dalam berdemokrasi jika melakukan hal tersebut.

"Kalau sesorang memilih pemimpin sesuai dengan imannya dan keyakinannya, itu demokrasi," ujar Rizieq.


Editor: Rony Sitanggang


Terdaftar di DPT, Berliana Tak Diperbolehkan Mencoblos

09:5819 April

Terdaftar di DPT, Berliana tak diperbolehkan mencoblos.

Komedian Indra Birowo memberikan suaranya di TPS 6 Cibeber Jakarta Selatan

09:5719 April


TPS 01 Pondok Bambu, Jaktim

08:4719 April


Petinggi FPI Rizieq Syihab mencoblos di TPS Gereja Bethel

08:0119 April

KBR, Jakarta- Petinggi FPI Rizieq Syihab akan menyalurkan hak suaranya di TPS 17. TPS 17 berada di parkiran Gereja Bethel, Petamburan IV Jakarta. Menurut salah satu anggota TPS, Kiki, TPS ini sebelumnya berada di Petamburan III yang dekat dengan markas FPI.

Panitia menyebut perpindahan ini ditetapkan Panitia Pengawas Pemilu Panwaslu DKI Jakarta sebagai antisipasi pengamanan

"Untuk pengamanan, pelaksanaan pemungutan suara aja. Tapi memang yang putaran pertama juga aman dulu. Antisipasi saja," ujarnya

Rizieq Syihab tercatat dalam DPT dengan nomor urut 448 dengan nama Moh Rizieq.

DPT di TPS 17 berjumlah 746 pemilih. Dari pantauan KBR, puluhan warga sudah mulai berdatangan ke lokasi TPS. Berbeda dari TPS 10 dan 20, yang hanya dijaga 2 petugas. TPS 17 dijaga sekitar lima petugas pengamanan dari kepolisian dan TNI. 


Editor: Rony Sitanggang


Tamasya Al Maidah, Kepolisian Cirebon Kota Gagalkan Keberangkatan Ormas

07:3919 April

KBR, Cirebon- Polres Cirebon Kota (Ciko) menggagalkan keberangkatan Organisaai Kemasyarakatan (Ormas) yang hendak ke DKI Jakarta. Sekitar pukul 06.00 Wib (Selasa, 18/04) sebanyak 50 orang anggota salah satu ormas gagal berangkat ke DKI Jakarta setelah diketahui rencana keberangkatannya oleh petugas. Selain membubarkan ormas tersebut, petugas juga hingga kini menahan bus yang akan digunakan ke Jakarta.

Kapolres Ciko  Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengungkapkan, sebelum sempat berangkat dia meminta ormas itu mengurungkan niatnya ke Jakarta.

"Tadi pagi sekitar pukul 06.00 Wib, mereka kita himbau untuk tidak berangkat. Dan mereka langsung membubarkan diri," katanya, Selasa (18/04) malam   saat melakukan operasi penyekatan pergerakan massa ke DKI Jakarta di batas Kota Cirebon.

Kata dia, untuk pemeriksaan lebih lanjut, kepolisian  menahan satu unit bus yang digunakan untuk membawa rombongan ormas tersebut.

"Kendaraan yang digunakan untuk sementara kita tahan," ujarnya.

Hingga sekitar pukul 22.30 Wib semalam, petugas memeriksa setiap kendaraan yang melintas di jalur pantura Cirebon arah Jakarta. Dengan target utama adalah kendaraan yang mengangkut lebih dari tiga orang yakni, mini bus, elf, dan bus.

"Kita periksa penumpang, barang bawaan, dan surat-surat kendaraan," imbuhnya.

Editor: Rony Sitanggang


Pemilih di TPS Petamburan bertambah lebih 100 warga

07:2219 April

KBR, Jakarta- Sebanyak 1300an lebih pemilih terdaftar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Petamburan III,Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ada dua TPS yang sudah disediakan di sekitar markas FPI tersebut. Yakni TPS 10 dan TPS 20.

Menurut Ketua panitia TPS 10, Sayuti, ada 782 warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Angka ini meningkat dari DPT pada putaran pertama, yakni 730. Menurut dia, penambahan itu karena banyak warga yang sebelumnya mengunakan Surat Keterangan (Suket) pemilih, sebagian besarnya saat ini sudah masuk DPT.

"Jumlah DPT 782, ini mencakup tiga RT, RT1,6 dan 7. Yang mencakup RW 03 Petamburan. Ada penambahan dari putaran pertama yang menggunakan Suket (surat Keterangan pemilih). Kalau dulu 70an ada yang memakai Suket," ujarnya di TPS 10 Petamburan III, Rabu (19/4/2017)

Sayuti menambahkan panitia menyediakan 802 surat suara pada pilkada DKI putaran kedua.

Dia berharap partisipasi pemilih bisa 100 persen. Meskipun pada putaran pertama, ada 10 persenan yang tidak mencoblos.

Pemilihan akan berlangsung sekitar pukul 07.00 WIB-13.00. Akan ada dua Pengamanan Langsung (Pasung) dari warga, yang akan memantau, mengawasi berbagai bentuk kecurangan di TPS 10.

"Sampai saat ini seh saya tidak menemukan pelanggaran. Mulai putaran pertama juga tidak. Kita berharap tidak adalah," tuturnya.

Sementara untuk TPS 20, DPT diperkirakan ada 689an pemilih. Ini meningkat dari sebelumnya sekitar 630.  


Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!