Pipa Minyak Pertamina Cilacap Bocor, Petugas Kosongkan Area 100 Meter dari Lokasi

"Tadi malam, bau minyak semua. Kendaraan tidak boleh melintas, kereta api juga dibatasi kecepatannya, tidak boleh ngerem,”

Selasa, 07 Mar 2017 11:28 WIB

Ilustrasi. kilang minyak PT Pertamina. (kemendagri.go.id)

Ilustrasi. kilang minyak PT Pertamina. (kemendagri.go.id)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}


KBR, Cilacap– Keamanan internal PT Pertamina mensterilkan lokasi 100 meter dari titik pipa pertamina jalur Cilacap-Bandung yang bocor di Dusun Cikaronjo RT 01/9 Desa Tarisi Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Titik bocor berada di selatan rel kereta dengan jarak 10 meter, dan berada di bibir jalan penghubung  penyeberangan antara Tarisi menuju Banjarpatroman Jawa Barat. Aparat Keamanan gabungan yang terdiri dari anggota Polri, TNI dan Satpol PP sejak tadi malam menutup akses jalan.
 
Kepala Keamanan Pertamina di Lapangan, Hairul Hadi mengatakan penutupan jalan dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. Pasalnya, lokasi tersebut masih penuh dengan endapan minyak. Dikhawatirkan, aktivitas warga bisa memicu kebakaran.
 
Selain itu, sepeda motor warga yang hendak keluar dari daerah ini harus memutar ke jalur lainnya. Namun, siang hari, sepeda motor diperbolehkan melintas namun dengan kondisi mesin mati dan mesin dingin.
 
Sementara, kereta api yang melintas harus mengurangi kecepatan menjadi maksimal 40 kilometer per jam.

Soal penanganan kebocoran pipa, Hariul Hadi tak bersedia berkomentar. Menurut dia, itu berada di luar wewenangnya.

“Bapak melihat saja (situasi) yang terjadi. Kalau saya hanya boleh bicara sesuai batas kewenangan saya saja di sini. Daerah ini harus steril 100 meter. Karena dekat sekali. Apalagi, tadi malam uap tinggi sekali. Daerah ini, tadi malam, bau minyak semua. Masyarakat sudah mengerti. Kendaraan tidak boleh melintas, kereta api juga dibatasi kecepatannya, tidak boleh ngerem,” kata Hairul Hadi, Selasa (7/3/2017).
 
Dalam pengamatan KBR di lokasi, tampak sejumlah mobil tangki pertamina  berada di sekitar lokasi pipa bocor. Satu berada di lokasi dengan jarak 50 meter dari titik bocoran, sementara dua lainnya terlihat  500 meter dari lokasi pipa bocor. Satu mobil pemadam kebakaran Pertamina juga tampak berada di lokasi titik bocor.

Hingga siang ini, KBR belum mendapat keterangan pasti penyebab dan penanganan pipa bocor tersebut. Saat hendak masuk ke titik pipa bocor, sejumlah wartawan dihalau oleh petugas keamanan. Wartawan juga dilarang mengambil gambar dari sekitar lokasi.

 
Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh

Jokowi Segera Jadikan UKP PIP Setingkat Menteri

  • 2018, Pemerintah Fokus Tuntaskan Masalah Konektivitas di Papua
  • RSPI Sulianti Saroso Buka Rujukan ke RS Fatmawati dan RS Persahabatan
  • 7 Hari, Polisi Tangani 50 Kasus Penimbunan Pangan Jelang Natal

Dan tentu saja di akhir tahun dan menjelang akhir tahun, selalu ada yang baru dan berbeda yang akan dipersembahkan Alfamart pada para pelanggannya.