Ketua Umum PAN Buka Komunikasi dengan Partai Pengusung Ahok dan Anies

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan PAN masih menunggu pertemuan dengan partai koalisi pengusung Agus-Sylvi lainnya.

Kamis, 16 Feb 2017 11:53 WIB

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan menggunakan hak suara di TPS 79 Kompleks Cipinang Indah Jakarta, Rabu (15/2/2017). (Foto: ANTARA)


KBR, Jakarta - Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) masih merahasiakan arah koalisi mereka di pilkada DKI Jakarta yang hampir bisa dipastikan akan berlangsung dua putaran.

Dalam penghitungan cepat lembaga survei pada hari pencoblosan, 15 Februari 2017, calon yang diusung PAN bersama Koalisi Cikeas, yaitu pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni tercecer dalam perolehan suara. Agus-Sylvi diperkirakan tersingkir di putaran pertama.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan PAN masih menunggu pertemuan dengan partai koalisi pengusung Agus-Sylvi lainnya.

"Putaran pertama kita tidak masuk ke putaran kedua, tentu kita akan rapat kembali. Nanti keputusan seperti apa, setelah kita berdiskusi barulah saya bisa sampaikan. Kalau saya (sekarang) mendahului, kan tidak patut, tidak baik. Kan kita koalisi. Apalagi saya (PAN) kan kursinya dua (di DPRD DKI)," kata Zulkifli di kantornya, Kamis (16/2/2017).

Baca juga:


Zulkifli Hasan mengatakan hingga saat ini PAN belum dihubungi oleh partai pendukung pasangan lain. PAN masih membuka komunikasi dengan partai-partai tersebut.

Sebelumnya, partai pengusung Ahok-Djarot akan menjalin komunikasi intens dengan partai-partai pengusung Agus-Sylviana. Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menekankan komunikasi  akan dilakukan dengan partai-partai koalisi pemerintah.

"Tentu saja. Apalagi mau tidak mau basis pengusung pasangan Ahok dan Djarot ini sebenarnya kan pula memiliki fundamen sebagai pengusung pemerintahan Jokowi-JK. Sehingga partai-partai pengusung Jokowi-JK merupakan skala prioritas untuk kami ajak berdialog," kata Hasto di Kebagusan, Rabu(15/2).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan dalam waktu dekat partai pendukung Agus dan Sylviana akan bertemu. Zulkifli berterima kasih kepada seluruh partai pendukung pasangan calon nomor 1.

Dia juga mengapresiasi gelaran pilkada serentak pada Rabu (15/2/2017) yang berjalan aman. Meskipun ada beberapa kendala teknis, namun dia melihat animo masyarakat di pilkada serentak 2017, khususnya di DKI Jakarta, sangat tinggi.

Baca juga:


Sementara itu, Partai Demokrat meminta pendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylvia Murni menunggu hitungan resmi dari KPU Jakarta.

Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan seluruh pemimpin partai baik di DPP maupun DPD akan memberikan keterangan resmi terkait perhitungan cepat yang dilakukan beberapa lembaga survei.

"Kita tunggu dari KPU, kita tetap optimistis, Insya Allah. Sabar saja dulu. Apakah nanti akan ada konperensi kita lihat dulu perkembangan. Pesan dari SBY tunggu hasil perhitungan (KPU)," ungkapnya.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!

Koalisi Kendeng Lestari Minta KLHK Moratorium PT Semen Indonesia Di Rembang

  • Banjir Landa Sejumlah Kecamatan, Warga Rembang Diminta Siaga
  • Perancis Bakal Larang Murid Gunakan Ponsel
  • Kelelahan, Morata Absen Saat Chelsea Hadapi Huddersfield

PLN menggenjot pemerataan pasokan listrik dari Indonesia bagian barat hingga Indonesia bagian timur