Melihat Meriam Puntung Dari Dekat

Meriam Puntung terdapat di Kota Medan Sumatera Utara tepatnya di halaman Istana Maimun. Meriam ini tersimpan rapih di dalam rumah khas Batak yang beratapkan ijuk.

Kamis, 12 Des 2013 11:59 WIB

Meriam Puntung terdapat di Kota Medan Sumatera Utara tepatnya di halaman Istana Maimun. Meriam ini tersimpan rapih di dalam rumah khas Batak yang beratapkan ijuk. Menurut legenda, Meriam Puntung adalah penjelmaan dari adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua. Dia berubah menjadi meriam untuk mempertahankan istana dari serangan pasukan Sultan Iskandar Muda yang ditolak pinangannya oleh Putri Hijau. Akibat laras meriamnya panas karena menembak terus menerus, meriam pecah menjadi dua bagian. Bagian kepala meriam di temukan di Kampung Sukanalu, Kecamatan Barus Jahe, Tanah Karo dan bagian ekornya terlempar sampai ke Labuhan Deli dan kini tersimpan di halaman Istana Maimun.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Moratorium Reklamasi, Menteri Siti : Pulau C dan D Kurang Satu Syarat, Pulau G Dua Syarat

  • Adik Bos First Travel Ikut Jadi Tersangka
  • Penembakan Deiyai, Tujuh Anggota Brimob dan Kapolsek Akan Jalani Sidang Etik Pekan Depan
  • Tuntut Pembatalan Perppu Ormas, Ratusan Orang Demo DPRD Sumut

Dalam Perbincangan Ruang Publik KBR kali ini, kita akan punya 5 topik utama, penasaran? ikuti perbincangan Ruang Publik KBR