Pak Udin dan Kuda Kehidupannya

Kisah penjual kuda kayu di BSD.

Minggu, 16 Nov 2014 01:19 WIB

Perkenalkan, nama saya Udin. Asli Ciawi Bogor. Sudah puluhan tahun jualan kuda-kudaan kayu. Biasanya saya keliling di sekitar BSD, Pamulang. Daerah Tangeranglah. Saya tidak bikin sendiri. Saya ambil barang di juragan di Bogor. Tiap kuda saya nyetor 30 ribu. Saya jual 55 ribu. Lumayanlah untung 25 ribu.


Saya berangkat kerja dari Ciawi jam 9 pagi. Naik truk bayar 15 ribu. Berhenti di Taman Tekno Tangerang. Perjalanan kalau cepat cuma setengah jam. Kalau macet bisa 4 jam. Sekali jalan saya bawa 10 kuda-kudaan.


Sampai di Tangerang saya jalan kaki keliling. Sampai malam. Lumayanlah. Kadang laku sampai 8 kuda. Kadang 6. Terserah Allah-lah mau laku berapa. Kalau sudah malam saya nginap dan tidur di musholla-nya Pak Haji. Di Pamulang sana.


Foto: Eko Sulistyanto 



Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas

  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres
  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

Kepala KSP Moeldoko Tepis Anggapan Miring

  • Izin Impor Beras Dialihkan, PT PPI Tak Keberatan
  • BNPB Siapkan Anggaran Rp 166 Miliar untuk Perbaiki Rumah Korban Banjir Bima
  • PS TNI Gagal Menang Melawan 10 Pemain Persebaya

Memberdayakan masyarakat bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya seperti apa yang dilakukan anak-anak muda asal Yogyakarta ini melalu platform digital yang mereka namai IWAK.