Menikmati Festival Tabot di Bengkulu

KBR8H, Bengkulu - Festival tabot, hari terakhir. Tabot diarak keliling kota lalu dibuang di Padang Karabela.

Jumat, 15 Nov 2013 11:06 WIB


KBR8H, Bengkulu - Festival tabot, hari terakhir. Tabot diarak keliling kota lalu dibuang di Padang Karabela.  Tabot diarak keliling dengan alat musik yg disebut Dol. Festival dimulai 1 Muharam diakhiri 10 muharam (14 november) Rabu malam kamis tabot bersanding, di lapangan depan kantor Gubernur.

Festival Tabot ini digelar berdasarkan Pesta Budaya Tabot yang dilaksanakan oleh masyarakat Kota Bengkulu dalam rangka memperingati gugurnya Amir Hussain, cucu Nabi Muhammad SAW, di Padang Karbala (Irak).

Masyarakat kota Bengkulu percaya bahwa apabila perayaan ini tidak mereka selenggarakan maka akan terjadi musibah atau bencana. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila perayaan Tabot ini penuh dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat ritual dan kolosal.

Kebudayaan Tabot di Bengkulu dibawa dan diperkenalkan oleh pendakwah dari Punjab, India, tahun 1336 Masehi dan juga oleh pasukan Gurkha (tentara bayaran Inggris) tahun 1685. Festival tahunan ini menjadi tontonan menarik bagi masyarakat dan bahkan digemari wisatawan domestik dan mancanegara.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi

  • Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri di Daerah yang Gagal Petakan Konflik Sosial
  • Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP
  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

Amnesty Internasional Sebut Politik Kebencian Tumbuh Subur di Indonesia

  • Diduga Bikin Sungai Rusak, DPRD Kabupaten Lebong Tegur PT Pertamina Geothermal
  • Pertama Kali, Saudi Gelar Arab Fashion Week
  • Pertandingan Kedua AFC CUP, Persija Optimis Menang

Garut adalah salah satu daerah sentra produksi jeruk di Jawa Barat. Jeruk Garut telah ditetapkan sebagai Jeruk Varietas Unggul Nasional dengan nama Jeruk Keprok Garut.