Jazz, Jazz, Jazz, Gunung, Gunung, Gunung

Dialog musikal, baiklah kita menyebutnya begitu, antara Idang Rasjidi dengan Djaduk Ferianto atau antara I Wayan Balawan dengan seorang pemain beat box dari California, misalnya, merupakan suguhan indah yang mampu membuat penonton terpaku di tempat dudukn

Rabu, 26 Jun 2013 19:46 WIB

KBR68H, Probolinggo - Jazz itu bebas. Jazz itu merdeka. Seperti kehidupan, jazz juga penuh improvisasi. Tak harus terpaku pada satu pola dalam partitur, jazz selalu bisa meliuk luwes. Dan lincah, seperti kanak-kanak yang tengah bermain di lapangan luas, bebas merdeka. Saling melengkapi. Kadang mungkin terjerembab. Tak apa. Karena pada akhirnya intuisi musikal yang berbicara, dan kesetiaan telinga untuk mendengar nada dan bunyi yang keluar dari beragam instrumen.


Keluar Sekat


Di kawasan Gunung Bromo, tepatnya di sebuah ruang terbuka di areal Java Banana, Wonotoro, Probolinggo,  Jazz Gunung yang rutin digelar setiap tahun sejak 2009, barangkali merupakan terjemahan sempurna dari sebuah konsep jazz yang merdeka. Diapit tiga gunung: Pundak Lembu, Ringgit, dan Lingga, panggung Jazz Gunung adalah bumi pada ketinggian 2,000 meter dpl dengan atap langit terbuka. 



Setting panggung dibuat unik, tak ada back-drop dengan deretan logo sponsor sebagaimana biasa kita lihat di berbagai pertunjukan lain. Panggung Jazz Gunung benar-benar bersih, kecuali karya instalasi dari bambu sebagai latar panggung yang ditata secara artistik. 


Selengkapnya klik Jazz Di Antara Tiga Gunung.


Foto-foto: Ulin Yusron

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Periksa Saksi Meringankan Setnov Pekan Depan

  • Polda Metro Rilis 2 Sketsa Terduga Penyerang Novel
  • Polda Papua Akui Ada Perintah Tembak di Tempat di Tembagapura
  • Pemprov Akan Pelajari Investigasi Ombudsman

Program diharapkan dapat mendukung ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan di daerah masing-masing