Ulang Tahun KBR di Tunggilis

16 tahun sudah KBR berdiri, sejak tahun 1999 silam.

Kamis, 30 Apr 2015 10:46 WIB

16 tahun sudah KBR berdiri, sejak tahun 1999 silam.

Kali ini, KBR ingin merayakannya bersama bumi - tempat kita hidup, berkarya dan berkreasi. KBR ingin mengucapkan terima kasih lewat acara bernama “Ngaruwat Bumi” yang diselenggarakan di Sarongge, Cianjur, Jawa Barat. Sarongge sendiri adalah lokasi program Adopsi Pohon yang dimulai oleh Green Radio Jakarta dan kini sudah menghutankan kembali area seluas 38 hektar.

Penanaman pohon dilakukan di Tunggilis, yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari Sarongge. Di Tunggilis ada banyak sawah dan rumah-rumah warga, tapi tidak ada pohon besar di sana. Karenanya program penanaman pohon di Tunggilis diarahkan pada penanaman tanaman keras, utamanya pohon buah. Pohon buah dipilih sehingga warga bisa menikmati hasil dari panen buah secara teratur.

Acara dimulai dengan “Bincang Hutan” yang membahas soal model reforestasi yang dilakukan di Sarongge, dengan harapan model seperti ini bisa diduplikasi pemerintah di daerah-daerah lain. Setelah itu, ada juga potong tumpeng. Tumpeng terdiri dari 3 puncak, yang menandakan kerjasama antara pihak petani, pemerintah dan swasta sebagai model kerjasama untuk mendorong reforestasi. Selanjutnya, penanaman pohon buah dilakukan di Tunggilis. Pohon buah yang ditanam diantaranya alpukat, nangka, jeruk limau, pete dan lainnya.

Terima kasih kepada Anda semua yang telah mendukung KBR. Terima kasih kepada bumi – kini giliran kami yang merawatmu. 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara
  • Alasan Polisi Hentikan Kasus Kaesang

Disebut Dukung HTI, Menpora Segera Panggil Adhyaksa

  • Diprotes Imvestor, Presiden Sentil 2 Menteri
  • KPPU: 5 Perusaah Atur Tata Niaga Beras di Sejumlah Provinsi
  • Indonesia Gandeng Azerbaijan Buat Pusat Pelayanan Terpadu

Perkawinan anak dibawah usia minimal, menjadi hal memprihatinkan yang seharusnya menjadi perhatian dari pemerintah apabila benar-benar ingin melindungi anak-anak sebagai generasi penerus Bangsa.