Upacara Mekotek di Bali Guna Minta Keselamatan

KBR, Bali- Ribuan warga Desa Manggu kecamatan Mengwi Kabupaten Badung hari ini melaksanakan upacara Mekotek, yaitu tradisi tolak bala dengan tujuan memohon keselamatan.

Sabtu, 20 Feb 2016 19:19 WIB

KBR, Bali- Ribuan warga Desa Manggu kecamatan Mengwi Kabupaten Badung hari ini melaksanakan upacara Mekotek, yaitu tradisi tolak bala dengan tujuan memohon keselamatan.

Upacara Mekotek juga di kenal dengan istilah ngerebek.

Upacara ini diikuti seluruh warga desa dari dewasa hingga anak-anak dengan membawa sebatang kayu yang panjangnya sekitar 2-3 meter lalu di arak keliling desa. Dewa Putu Budiana salah seorang peserta upacara mengatakan, "Kita udah terbiasa setiap enam bulan sekali melakukan upacara ini khususnya desa adat Manggu karena dari sejak dahulu sehingga harus dilaksanakan untuk mengusir atau memohon keselamatan."

Upacara Mekotek diawali dengan berkumpul di Pura Dalem Manggu yang kemudian tongkat kayu diadu sehingga menimbulkan bunyi “tek-tek” dikumpulkan sehingga membentuk sebuah kerucut atau piramid. Bagi yang punya nyali bisa naik kepuncuk kumpulan tongkat kayu dan berdiri di atasnya seperti komando yang memberikan semangat bagi pasukannya.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau