Upacara Mekotek di Bali Guna Minta Keselamatan

KBR, Bali- Ribuan warga Desa Manggu kecamatan Mengwi Kabupaten Badung hari ini melaksanakan upacara Mekotek, yaitu tradisi tolak bala dengan tujuan memohon keselamatan.

Sabtu, 20 Feb 2016 19:19 WIB

KBR, Bali- Ribuan warga Desa Manggu kecamatan Mengwi Kabupaten Badung hari ini melaksanakan upacara Mekotek, yaitu tradisi tolak bala dengan tujuan memohon keselamatan.

Upacara Mekotek juga di kenal dengan istilah ngerebek.

Upacara ini diikuti seluruh warga desa dari dewasa hingga anak-anak dengan membawa sebatang kayu yang panjangnya sekitar 2-3 meter lalu di arak keliling desa. Dewa Putu Budiana salah seorang peserta upacara mengatakan, "Kita udah terbiasa setiap enam bulan sekali melakukan upacara ini khususnya desa adat Manggu karena dari sejak dahulu sehingga harus dilaksanakan untuk mengusir atau memohon keselamatan."

Upacara Mekotek diawali dengan berkumpul di Pura Dalem Manggu yang kemudian tongkat kayu diadu sehingga menimbulkan bunyi “tek-tek” dikumpulkan sehingga membentuk sebuah kerucut atau piramid. Bagi yang punya nyali bisa naik kepuncuk kumpulan tongkat kayu dan berdiri di atasnya seperti komando yang memberikan semangat bagi pasukannya.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ikhtiar Membentengi Anak-anak Muda Dari Radikalisme

  • Kepala Korps Brimob soal Penganiayaan Anggota Brimob Terhadap Wartawan LKBN Antara
  • Wakil Ketua KPK Laode M Syarief Soal Sikap KPK Terhadap Pansus Angket KPK Di DPR
  • Mendikbud Muhajir Effendy Soal Penerapan Sekolah Lima Hari Sepekan
  • Jadi Kepala UKP Pembinaan Pancasila, Yudi Latif Jelaskan Perbedaan dengan BP7
  • Siti Nurbaya: Lestarikan Lingkungan Perlu Kejujuran

Arus Balik di Terminal Bus Tegal Mulai Ramai

  • Jalur Puncak Arah Jakarta Mulai Dipadati Pemudik
  • Tiga Aktivis Buruh di Cina Dibebaskan dengan Jaminan
  • Pencipta Karakter Paddington Meninggal

Mudik seakan menjadi rutinitas tahunan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana kesiapan fasilitas sarana dan prasarana mudik tahun ini? Apakah sudah siap pakai untuk perjalanan pemudik?