Zero Dark Thirty: Susahnya Menangkap Osama bin Laden

Siapa tak kenal pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden, gembong teroris yang menjadi buruan dunia, bahkan membuat Amerika Serikat terobsesi untuk menangkapnya. Ketika banyak orang menyangsikan keberadaan Osama, tiba-tiba Osama dikabarkan tewas di persembunyi

Senin, 18 Feb 2013 17:30 WIB

KBR68H- Siapa tak kenal pemimpin Al-Qaeda, Osama bin Laden, gembong teroris yang menjadi buruan dunia, bahkan membuat Amerika Serikat terobsesi untuk menangkapnya. Ketika banyak orang menyangsikan keberadaan Osama, tiba-tiba Osama dikabarkan  tewas di persembunyian. Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengumumkan langsung kabar tersebut.

Rasa penasaran orang atas tertangkapnya Osama menjadi hal yang ditangkap oleh sutradara Kathryn Bigelow untuk menyajikannya lewat sebuah film yang diberi judul Zero Dark Thirty. Bigelow kembali menggandeng penulis skenario, Mark Boal untuk menggarap film ini. 

Film ini berusaha meyakinkan penontonnya bahwa ini "didasarkan pada kejadian nyata."  Maka film ini diawali peristiwa 11 September 2001 yang menjadi alasan utama kenapa Osama harus ditemukan. Tanpa gambar, hanya layar hitam, kita disodori rekaman-rekaman dari para korban serangan  al-Qaeda pada World Trade Center. Seorang penelepon menggambarkan api menyebar di sekelilingnya dan  memohon diselamatkan. Cukup untuk membawa kita ke peristiwa serangan teror yang mengerikan itu.

Film ini fokus pada sosok Maya, agen muda CIA yang memimpi perburuan Osama dan diperankan oleh Jessica Chastain. Bermain dengan apik, Chastain berhasil memerankan Maya yang menjadi pusat dari film ini.

Sejak rilis pada bulan Desember dan ditayangkan pada 11 Januari, film ini telah memancing reaksi pro dan kontra.  Film ini sudah diganjar berbagai penghargaan, termasuk Golden Globe Awards dan dinominasikan dalam lima kategori Piala Oscar 2013 yang akan diumumkan 24 Februari mendatang.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau