Silhuet Borobudur Bulan Desember

Sebuah sore di penghujung tahun di bulan Desember. Jalanan basah, sebagian menggenang -- hujan baru saja mengguyur deras di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi kini hujan sudah reda. Dan langit di atas Borobudur tampak bersahabat. Mendung tersapu dan

Jumat, 22 Feb 2013 13:25 WIB

Sebuah sore di penghujung tahun di bulan Desember. Jalanan basah, sebagian menggenang -- hujan baru saja mengguyur deras di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi kini hujan sudah reda. Dan langit di atas Borobudur tampak bersahabat. Mendung tersapu dan matahari sore mulai menyapu seluruh permukaan bangunan candi peninggalan wangsa Syailendra pada abad ke-7 ini.

Borobudur dan matahari terbenam adalah perpaduan serasi dahsyatnya peradaban manusia dengan keajaiban alam. Silhuet patung-patung Budha, ribuan relief, dan stupa yang tertimpa cahaya saga, juga ketenangan yang syahdu ketika turis-turis sudah pergi, barangkali hanya indera mata (dan lensa kamera) yang mampu berbicara tanpa menyertakan ribuan kata.


Foto-foto: Samantha Yap

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019
  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Permintaan atas produk laut Indonesia untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor sangat besar tapi sayangnya belum dapat dipenuhi seluruhnya. Platform GROWPAL diharapkan dapat memberi jalan keluar.