Silhuet Borobudur Bulan Desember

Sebuah sore di penghujung tahun di bulan Desember. Jalanan basah, sebagian menggenang -- hujan baru saja mengguyur deras di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi kini hujan sudah reda. Dan langit di atas Borobudur tampak bersahabat. Mendung tersapu dan

Jumat, 22 Feb 2013 13:25 WIB

Sebuah sore di penghujung tahun di bulan Desember. Jalanan basah, sebagian menggenang -- hujan baru saja mengguyur deras di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi kini hujan sudah reda. Dan langit di atas Borobudur tampak bersahabat. Mendung tersapu dan matahari sore mulai menyapu seluruh permukaan bangunan candi peninggalan wangsa Syailendra pada abad ke-7 ini.

Borobudur dan matahari terbenam adalah perpaduan serasi dahsyatnya peradaban manusia dengan keajaiban alam. Silhuet patung-patung Budha, ribuan relief, dan stupa yang tertimpa cahaya saga, juga ketenangan yang syahdu ketika turis-turis sudah pergi, barangkali hanya indera mata (dan lensa kamera) yang mampu berbicara tanpa menyertakan ribuan kata.


Foto-foto: Samantha Yap

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau