Silhuet Borobudur Bulan Desember

Sebuah sore di penghujung tahun di bulan Desember. Jalanan basah, sebagian menggenang -- hujan baru saja mengguyur deras di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi kini hujan sudah reda. Dan langit di atas Borobudur tampak bersahabat. Mendung tersapu dan

Jumat, 22 Feb 2013 13:25 WIB

Sebuah sore di penghujung tahun di bulan Desember. Jalanan basah, sebagian menggenang -- hujan baru saja mengguyur deras di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi kini hujan sudah reda. Dan langit di atas Borobudur tampak bersahabat. Mendung tersapu dan matahari sore mulai menyapu seluruh permukaan bangunan candi peninggalan wangsa Syailendra pada abad ke-7 ini.

Borobudur dan matahari terbenam adalah perpaduan serasi dahsyatnya peradaban manusia dengan keajaiban alam. Silhuet patung-patung Budha, ribuan relief, dan stupa yang tertimpa cahaya saga, juga ketenangan yang syahdu ketika turis-turis sudah pergi, barangkali hanya indera mata (dan lensa kamera) yang mampu berbicara tanpa menyertakan ribuan kata.


Foto-foto: Samantha Yap

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas

  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres
  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

Kepala KSP Moeldoko Tepis Anggapan Miring

  • Izin Impor Beras Dialihkan, PT PPI Tak Keberatan
  • BNPB Siapkan Anggaran Rp 166 Miliar untuk Perbaiki Rumah Korban Banjir Bima
  • PS TNI Gagal Menang Melawan 10 Pemain Persebaya

Memberdayakan masyarakat bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya seperti apa yang dilakukan anak-anak muda asal Yogyakarta ini melalu platform digital yang mereka namai IWAK.