Kebun dan Kolam Penunjang Gizi Warga Pedesaan Kamboja

Pertumbuhan ekonominya dipuji, tapi masih banyak warga miskin dan kurang gizi.

Senin, 27 Jan 2014 11:01 WIB

Di Kamboja, seperlima warganya masih berada di bawah garis kemiskinan. Dan 80 persen warga tinggal di daerah pedesaan dengan pekerjaan utama sebagai petani.

Untuk mendongkrak perekonomian sekaligus status gizi warga, Pemerintah Amerika Serikat mendanai program Cambodia Harvest Project yang berlangsung selama lima tahun di sana. Tujuan utamanya adalah mengembangkan kebun dan kolam ikan milik warga dengan teknologi sederhana sehingga bisa lebih produktif.

Setelah tiga tahun berjalan, 100 ribu orang lebih telah mendapat pelatihan soal pengelolaan pertanian yang lebih baik untuk ketahanan pangan warga. Termasuk di antaranya Noun Ish dengan kebun sayur kecil di depan rumahnya dan Noun Art yang tengah menanti panen ikan dari kolam miliknya.

Baca artikel lengkapnya: Dengan Kebun dan Kolam, Dongkrak Gizi Warga Kamboja



* Penulis adalah jurnalis KBR68H yang ikut dalam kunjungan media yang dilakukan US Ambassador for UN Agencies in Rome David Lane ke Kamboja pada 8-13 Desember 2013.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

OTT di PN Jaksel, KPK Tetapkan Dua Orang Tersangka

  • DPR Akan Panggil Panglima TNI Terkait Pembelian Helikopter AW 101
  • Polres Jombang Temukan Modus Penjualan Narkoba Secara Kredit
  • Presiden AS Pilih Pertahankan Pasukan dari Afghanistan

Impor barang dari luar negeri selalu diawasi dan memiliki ketentuan, jangan sampai Anda menjadi orang yang tidak tahu ketentuan yang dimiliki Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno Hatta