Yunani dan Jejak Awal Peradaban Barat

Para sejarawan menyebut, di negeri inilah peradaban Barat dimulai. Bahkan kata history atau sejarah, sangat mungkin berasal dari negeri ini melalui tangan Herodotos yang melahirkan karya berjudul Historia. Herodotos, yang ditahbiskan sebagai "bapak sejara

Rabu, 23 Jan 2013 17:12 WIB

Para sejarawan menyebut, di negeri inilah peradaban Barat dimulai. Bahkan kata history atau sejarah, sangat mungkin berasal dari negeri ini melalui tangan Herodotos yang melahirkan karya berjudul Historia. Herodotos, yang ditahbiskan sebagai "bapak sejarah" menulis Historia antara 450 SM sampai 420 SM. Karya monumentalnya ini mencakup tokoh-tokoh besar yang hidup pada satu abad sebelumnya.

Sebagai peletak dasar peradaban Eropa, negeri ini memang kaya dengan jejak sejarah yang menakjubkan mulai dari politik (demokrasi), sistem pendidikan, ilmu pengetahuan, filsafat, hingga seni dan teater. Ah, jangan dilupakan pula: alfabet!

Menelusuri Yunani adalah menapak jejak peradaban sebagian umat manusia di bumi. Tentang kebesaran Athena, dan perseteruannya dengan Sparta. Atau bukalah buku-buka klasik dan ensiklopedia tentang Yunani. Berapa dewa yang (pernah) hidup di sana?

Jadi, kenapa tak mencoba menginjak negeri yang terletak di ujung semenanjung Balkan ini?

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ikhtiar Membentengi Anak-anak Muda Dari Radikalisme

  • Kepala Korps Brimob soal Penganiayaan Anggota Brimob Terhadap Wartawan LKBN Antara
  • Wakil Ketua KPK Laode M Syarief Soal Sikap KPK Terhadap Pansus Angket KPK Di DPR
  • Mendikbud Muhajir Effendy Soal Penerapan Sekolah Lima Hari Sepekan
  • Jadi Kepala UKP Pembinaan Pancasila, Yudi Latif Jelaskan Perbedaan dengan BP7
  • Siti Nurbaya: Lestarikan Lingkungan Perlu Kejujuran

Pecah Antrian, PT ASDP Merak Pisahkan Kendaraan Pemudik Dengan Kendaraan Niaga

  • Desa Sambirejo Timur Tolak Jenazah Pelaku Teror di Mapolda Sumatera Utara
  • Pengamat: Eks ISIS Harus Direhabilitasi Sebelum Kembali ke Masyarakat
  • Lima Hari Bertugas, Dokter Anestesi Ditemukan Meninggal Dunia

Mudik seakan menjadi rutinitas tahunan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana kesiapan fasilitas sarana dan prasarana mudik tahun ini? Apakah sudah siap pakai untuk perjalanan pemudik?