Kotoran Gajah jadi Bahan Baku Kertas

Jangan remehkan kotoran satwa. Jika berpikir kreatif tahi gajah misalnya dapat diolah menjadi bahan baku tambahan kertas daur ulang.

Selasa, 22 Jan 2013 15:46 WIB

Jangan remehkan kotoran satwa. Jika berpikir kreatif tahi gajah misalnya dapat diolah menjadi bahan baku tambahan kertas daur ulang.

Sejumlah pekerja Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat pagi itu tengah sibuk membersihkan tahi gajah. Selanjutnya kotoran hewan tersebut mereka angkut dan bawa ke sebuah tempat. Kotoran hewan berbelalai tersebut tidak dibuang. Namun siap diolah kembali sebagai bahan baku kertas daur ulang yang disebut “Poo Paper”.

Aktivitas ini sudah berlangsung sejak pabrik mini tempat mengolah kotoran satwa tersebut berdiri November silam.  Tujuannya untuk menurangi limbah kotoran gajah yang jumlahnya bisa mencapai 2 ton perhari !

Jika berpikir kreatif, kotoran satwa pun bisa bermanfaat dan membawa berkah.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sedang melaksanakan Program Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC). Program ini sudah dimulai sejak Desember 2016 hingga saat ini.