Kotoran Gajah jadi Bahan Baku Kertas

Jangan remehkan kotoran satwa. Jika berpikir kreatif tahi gajah misalnya dapat diolah menjadi bahan baku tambahan kertas daur ulang.

Selasa, 22 Jan 2013 15:46 WIB

Jangan remehkan kotoran satwa. Jika berpikir kreatif tahi gajah misalnya dapat diolah menjadi bahan baku tambahan kertas daur ulang.

Sejumlah pekerja Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat pagi itu tengah sibuk membersihkan tahi gajah. Selanjutnya kotoran hewan tersebut mereka angkut dan bawa ke sebuah tempat. Kotoran hewan berbelalai tersebut tidak dibuang. Namun siap diolah kembali sebagai bahan baku kertas daur ulang yang disebut “Poo Paper”.

Aktivitas ini sudah berlangsung sejak pabrik mini tempat mengolah kotoran satwa tersebut berdiri November silam.  Tujuannya untuk menurangi limbah kotoran gajah yang jumlahnya bisa mencapai 2 ton perhari !

Jika berpikir kreatif, kotoran satwa pun bisa bermanfaat dan membawa berkah.

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Puluhan organisasi Masyarakat sipil melalui gerakan #BersihkanIndonesia menantang kedua capres dan cawapres yang berlaga dalam Pemilu Presiden 2019 mewujudkan komitmen “Indonesia Berdaulat Energi".