aqua, social responsibility, award

KBR68H, Jakarta - AQUA Grup meraih The Indonesia Social Responsibility Awards 2013, dengan programnya: Meningkatkan Penghasilan Komunitas dengan Pengelolaan Sampah. Penghargaan tanggung jawab sosial tahunan ini diberikan oleh The La Tofi School of CSR, di Jakarta, kemarin.

Corporate Communication Director AQUA Group, Troy Pantouw menjelaskan, AQUA Group sebagai Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), memiliki komitmen untuk melakukan pengelolaan sampah akhir produknya.  Hal ini ditunjukkan dalam komitmen AQUA melalui payung inisiatif keberlanjutan AQUA Lestari, di mana perusahaan melakukan manajemen distribusi produknya untuk menciptakan Indonesia Sehat.

AQUA Lestari dikembangkan sejak tahun 2006. AQUA Lestari terdiri dari empat pilar, yaitu pelestarian air dan lingkungan, praktik perusahaan ramah lingkungan, pengelolaan distribusi produk, serta pelibatan dan pemberdayaan masyarakat.

“Program yang kami inisiasi sejak tahun 2010 ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas melalui peningkatan kualitas hidup. Sedangkan dalam operasionalnya, AQUA sendiri telah menerapkan berbagai inisiatif 3R (reduce, reuse recycle)”,  imbuh Troy dalam keterangan pers yang diterima KBR68H.

Program Pemulung Empowerment ini dilakukan oleh AQUA dengan bekerja sama dengan institusi lain untuk menyediakan akses kesehatan dan pendidikan serta pelayanan sosial lainnya.  Dalam program ini, AQUA juga berupaya untuk meningkatkan keterampilan manajerial pemulung dengan melakukan pendampingan teknis, pelatihan bisnis, termasuk pendampingan manajemen keuangan serta penguatan koperasi.  Selain itu, AQUA  juga memfasilitasi pemulung untuk mendapatkan akses pasar, modal kerja dan modal pendukung lainnya.  Saat ini, AQUA telah membangun tempat pengelolaan daur ulang untuk program Pemulung di Tangsel dan memasang mesin pencacah baru

“Perusahaan juga secara aktif mengkampanyekan kegiatan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle) dengan mengundang berbagai masyarakat untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain mengimplementasikannya dalam kegiatan operasional, kami juga melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai 3R.  Sebagai contoh,kami pernah melakukan kerjasana dengan Indonesia Business Links (IBL) dan LKBN Antara, dalam menjalankan Kampanye Gemar Mengelola Sampah (Gemas) untuk mengedukasi masyarakat, terutama siswa SD dan SMA untuk melakukan tindakan 3 R dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, AQUA juga secara aktif melakukan sosialisasi crush campain dengan mengedukasi konsumen agar meremukkan botol plastik yang telah digunakan sebelum dibuang pada tempatnya. Hal itu untuk memudahkan para pemulung dalam mengumpulkan sampah tersebut dan dibawa ke tempat penjualan,”ujar Troy.

”Kami mengajak lebih banyak pihak lagi untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam pengelolaan sampah untuk menciptakan Indonesia yang bersih dan sehat. Karena untuk mengelola sampah dibutuhkan kerjasama semua pihak dan pemangku kepentingan,”, tutup Troy.

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!