IGRA 2012

KBR68H, Jakarta – Kantor Berita Radio 68H (KBR68H) bersama Majalah SWA kembali menggelar ajang penghargaan di bidang lingkungan kepada pemerintah kabupaten dan kota yaitu Indonesia Green Region Award. Tahun ini merupakan kali ketika ajang IGRA digelar. Direktur Utama KBR68H Santoso mengatakan, ajang ini merupakan bentuk apresiasi kepada Pemkab dan Pemkot dalam melestarikan lingkungan di daerah masing-masing. Santoso berharap, IGRA bisa menjadi virus baik yang bisa ditularkan ke daerah-daerah lain.

“Sebenarnya ada dua hal yang bisa kita lakukan terkait masalah lingkungan di daerah-daerah. Menghujat atau memberikan apresiasi. Kami memilih untuk memberikan apresiasi. Saya berharap IGRA ini bisa menjadi semacam virus baik yang bisa ditularkan oleh para finalis tahun ini kepada daerah-daerah yang lain,”kata Santoso.

Santoso menambahkan, selama masih mendapatkan apresiasi yang baik maka ajang IGRA akan tetap dipertahankan di masa yang akan datang.

Sementara itu, Redaktur Eksekutif Majalah SWA Kusnan Djawahir mengatakan, proses penentuan pemenang dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalan pengumpulan data dari Pemkot dan Pemkab yang direkomendasikan oleh Pemprov untuk menjadi peserta IGRA.

Tahap kedua adalah membuat peringkat terhadap data-data peserta dengan menggunakan metode Delphy. Penentuan peserta yang menjadi finalis dipilih oleh enam orang panelis yang berasal dari kalangan pemerintah, pemerhati lingkungan, media dan swasta.

Setelah itu, 10 finalis dari masing-masing kategori yaitu kota dan kabupaten akan melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Pada tahap ini, dewan juri akan menilai sejumlah kriteria antara lain identifikasi masalah dan tantangan di bidang lingkungan hiduop, strategi dan solusi dalam menyelesaikan permasalahan serta manajemen pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Tahun ini, Karanganyar menjadi juara pertama untuk kategori Kabupaten. Sedangkan Surabaya berhasil merebut gelar juara pertama untuk kali kedua secara beruntun dalam kategori kota. 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!