Media Longok Nasib Ekosistem Aceh

Selasa, 28 Okt 2014 15:38 WIB

Aceh

Polemik Rencana Tata Ruang dan Wilayah Aceh sampai kini masih hangat. RTRW yang menurut pemerintah Aceh mengamanatkan penambahan jumlah luas hutan justru menuai penolakan dan kritik. Kritik dan protes keras datang dari aktivis lingkungan karena Perda RTRW Aceh itu mengancam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) dan tak memasukkan hak kelola mukim sebagai masyarakat adat di sana. RTRW itu juga dinilai akan mengakibatkan berkurangnya kawasan hutan serta proses pengesahannya cacat hukum. Itu sebab saat ini Koalisi Peduli Hutan Aceh dan sejumlah organisasi lingkungan tengah menyiapkan materi keberatan atas materi Perda itu.

Green Radio 89,2 FM, Mongabay dan SETAPAK serta didukung The Asia Foundation mengundang jurnalis mengulas polemik Qanun melalui rangkaian Media Visit ke Kawasan Ekosistem Leuser (KEL). Media visit dilaksanakan 29 Oktober s/d 1 November 2014. Tepatnya ke Aceh Tamiang, Jantho dan Banda Aceh. Media visit ini diberikan kepada 9 media. Sejumlah media tersebut akan melihat kondisi lapangan secara langsung; berdiskusi dengan bupati dan kepala desa serta masyarakat setempat.

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ikhtiar Membentengi Anak-anak Muda Dari Radikalisme

  • Kepala Korps Brimob soal Penganiayaan Anggota Brimob Terhadap Wartawan LKBN Antara
  • Wakil Ketua KPK Laode M Syarief Soal Sikap KPK Terhadap Pansus Angket KPK Di DPR
  • Mendikbud Muhajir Effendy Soal Penerapan Sekolah Lima Hari Sepekan
  • Jadi Kepala UKP Pembinaan Pancasila, Yudi Latif Jelaskan Perbedaan dengan BP7
  • Siti Nurbaya: Lestarikan Lingkungan Perlu Kejujuran

Arus Balik di Terminal Bus Tegal Mulai Ramai

  • Jalur Puncak Arah Jakarta Mulai Dipadati Pemudik
  • Tiga Aktivis Buruh di Cina Dibebaskan dengan Jaminan
  • Pencipta Karakter Paddington Meninggal

Mudik seakan menjadi rutinitas tahunan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana kesiapan fasilitas sarana dan prasarana mudik tahun ini? Apakah sudah siap pakai untuk perjalanan pemudik?