aqua, fasilitas air bersih, NTT

KBR68H, Jakarta - Perusahaan air minum Aqua sebagai salah pemangku kepentingan dari sektor swasta yang bergerak dalam bidang AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) berinisiatif menjalankan program Water Access Sanitation & Hygiene (WASH) untuk memberikan akses penyediaan sarana air bersih dan sanitasi di wilayah operasional. Selain itu, programWASH juga dilakukan  di daerah yang membutuhkan berdasarkan penilaian kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

“Ketersediaan air bersih bagi masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan. Dalam menjaga ketersediaan tersebut, diperlukan inisiatif dan kerjasama para pemangku kepentingan untuk melakukan pengelolaan sumber daya air dan sanitasi lingkungan baik di hulu hingga hilir agar air tidak tercemar. Hingga kini, AQUA bekerjasama dengan Pemerintah, mitra LSM dan Universitas,untuk memfasilitasi peningkatan akses air bersih bagi lebih dari 100 ribu orang yang tinggal di daerah sekitar wilayah operasional yang tersebar di 12 Kabupaten dan juga daerah di Indonesia yang memiliki tingkat akses air bersih yang rendah yaitu 2 Kabupaten di Propinsi NTT.”ujar Corporate Communication Director Aqua, Troy Pantouw dalam keterangan pers yang diterima KBR68H, Rabu (30/10).

Aqua turut berperan aktif dalam melakukan promosi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan pendekatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) kepada masyarakat dan pelajar terutama di sekitar wilayah operasional selain untuk menjaga kesehatan diri, dan juga menjaga kesehatan lingkungan di sekitarnya. Dalam praktiknya Aqua telah bekerjasama dengan sekolah, pemerintah daerah dan mitra LSM untuk menfasilitasi Sanitasi Sekolah di 21 Sekolah yang tersebar di 5 kabupaten dan telah berhasil melatih 333 siswa sebagai duta Higienitas.

“Menjadi tanggung jawab sosial kami untuk mengembangkan AQUA Lestari melalui pendekatan terintegrasi dalam pengelolaan sumber daya air dari hulu ke hilir pada Daerah Aliran Sungai (DAS) di daerah operasional kami. Sebagai bagian dari inisiatif itu, antara lain dengan melakukan konservasi air dengan melalui penanaman pohon , pembuatan sumur resapan,dan resapan biopori, pembuatan water pond, pembuatan wetland, pertanian ramah lingkungan, dan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat.”imbuh Troy.

Sebagai bagian dari penyampaian informasi dan komunikasi mengenai komitmen Aqua Grup (Aqua) dalam pengelolaan Sumber Daya Air dan Sanitasi lingkungan, Aqua turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan dan konferensi KSAN (Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional), yang digagas oleh Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional.

Dukungan Aqua untuk acara KSAN ini sejalan dengan komitmen ganda yang dimiliki perusahaan, yaitu selalu berupaya untuk berkontribusi secara nyata dan aktif pada kemajuan sosial. Hal ini diwujudkan melalui AQUA Lestari sebagai payung inisiatif perusahaan untuk mengelola operasinya secara bertanggung jawab demi keberlanjutan bisnis dan lingkungan. 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!