Bergabungnya Malika dengan Green Radio Jakarta ibarat menjawab dua do’a. Malika adalah pendengar radio Utan Kayu sebelum bertransformasi menjadi Green Radio. “Kebetulan rumah deket dari UK (Utan Kayu-red) tuh. Dengar kegiatan off air radio UK, trus bantu korban banjir.  Itu bikin aku pengen banget gabung,” cerita Malika. Dan ahai, do'anya terjawab! Malika, yang kerap disapa Inonk, bergabung bersama Green Radio pada 2008.  


Lalu do’a kedua yang terjawab adalah dari Green Radio yang memang mencari penyiar yang bersuara keren tapi punya kepedulian serta visi tentang lingkungan hidup. Semua ada pada Malika. Ibu dari putri cantik bernama Zia ini  adalah aktivis lingkungan, ia adalah salah satu sahabat Walhi (Wahana Lingkungan Hidup). “Radio Utan Kayu berganti haluan jadi Green Radio, ini keren karena belum ada radio yang betul-betul punya fokus ke isu ini,” komentarnya soal transformasi Green Radio. 


Jadi kecintaan Malika pada Lingkungan Hidup dan Green Radio, ibarat bertemunya dua orang yang berjodoh. “Green Radio itu keren karena bersuara untuk banyak satwa penting yang nasibnya gak pernah betul-betul diperhatikan. Bersuara untuk hutan, laut, orang rimba, masyarakat adat, dsb. Membawa isu itu ke telinga orang-orang kota. Itu menantang,” ujar Malika. Dan, karena kecintaan pada lingkungan hidup itu pula barangkali yang membuat Malika memilih Green Radio yang masih sangat muda dibanding radio tempatnya bekerja sebelumnya. 


Sehari-hari di Green Radio, Malika kerap bercelana gunung dan memakai sepatu boot. Dandanan ini membuat orang yang bertemu dengannya akan menganggap: perempuan ini sungguh tangguh! Eits, jangan salah. Malika sesungguhnya sangat sentimental. “Yang orang gak tahu; aku bisa sangat sentimental. Tiba-tiba nangis dan sedih seharian cuma karena habis dengar narasumber cerita soal nasib orangutan yang disiksa,” kata dia. 


Saat ini Malika adalah Supervisor Program Green Radio Jakarta. Suaranya salah satunya bisa kita dengar saat program Fals Mania mengudara setiap Kamis malam pukul 19.06-21.00 WIB. Program ini mengudara di Green radio Network dan puluhan radio jaringan KBR.  “Fals Mania, penting. Legenda hidup ini punya banyak lagu keren yang memotret banyak persoalan sehari-hari.  Kalau denger lagu-lagu dia terasa diingatkan untuk berusaha memperbaiki diri dan lebih peduli/berempati dengan persoalan sekitar,” jelas Malika tentang penciptaan program ini.  


Nah kalau mendengarkan suara Malika di Fals Mania, kita akan langsung tahu kalau ia pandai bernyanyi. Sesekali hadirlah pada acara-acara off air Green Radio Jakarta. Anda bisa saja berkesempatan mendengar penyuka musik mulai dari punk sampai instrumental ini bernyanyi bersama Perpustakaan Band.  “Bersenandunglah dan bersiul,” katanya membagi rahasia suaranya. Ah masa sih, sudah nyoba kok masih fals juga nih nonk! 


Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!