PR Talk, aqua, danone, komunikasi program sosial

KBR68H, Jakarta - AQUA Group, sebagai pelopor produsen air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia memandang penting untuk mengkomunikasikan inisiatif sosial dan lingkungannya kepada masyarakat melalui berbagai strategi komunikasi.

“AQUA Group telah menyusun dan melakukan berbagai macam strategi komunikasi kepada multi stakeholder untuk memberikan informasi mengenai program-program sosial dan lingkungan yang telah dilakukan oleh perusahaan. Karena saat ini keputusan para konsumen untuk membeli produk, tidak hanya menilai produk itu sendiri namun reputasi dan tindakan nyata sebuah perusahaan untuk berbuat lebih bagi masyarakat sekitarnya“, ungkap Corporate Communication Director AQUA Grup, Troy Pantouw, dalam acara peluncuran buku PR Talk yang ditulis oleh Nico Wattimena di Jakartaakhir pekan lalu.

Troy menjelaskan bahwa AQUA Group mendukung buku ini karena dapat berbagi pengalaman mengenai bagaimana AQUA mengkomunikasikan program sosial dan lingkungan yang berkelanjutan dan juga buku ini akan menjadi panduan bagi para praktisi Public Relations.

Sebagai bentuk komunikasi kepada para stakeholdernya, AQUA Grup menyusun rangkaian strategi komunikasi antara lain diantaranya adalah menerbitkan Sustainability Report yang diterbitkan secara rutin setiap tahun, pembuatan buku CSR dan publikasi lainnya mengenai program keberlanjutan serta ikut berpartisipasi dalam acara-acara sosial dan lingkungan.

Selain itu kegiatan komunikasi strategis lainnya yang telah dilakukan sejak tahun 2010 adalah Anugerah Jurnalistik Aqua dengan tema-tema seputar Sosial dan Lingkungan. AJA adalah implementasi komunikasi sosial-lingkungan Aqua yang melibatkan dunia pers dan publik melalui karya tulis,foto,video dan blogs.

“Media merupakan mitra strategis dalam memberikan informasi kepada publik mengenai program-program keberlanjutan kami, serta memberikan gambaran bahwa kami telah beroperasi di Indonesia selama 40 tahun dan menjadi warisan Bangsa Indonesia serta membawa misi memberikan kontribusi bagi kesehatan masyarakat Indonesia, baik melalui produk serta program sosial dan lingkungannya,”kata Troy.

Untuk mengkomunikasikan program sosial dan lingkungannya, AQUA Group juga secara konsisten melakukan kampanye secara luas bagi masyarakat Indonesia. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak hanya mengetahui, namun juga terlibat di dalam inisiatif tersebut.

“Kami juga melakukan kampanye secara konsisten, sebagai salah satu alat untuk mengajak masyarakat terlibat di dalam inisiatif sosial dan lingkungan kami. Sebagai contoh, bersama dengan IBL dan LKBN Antara (2011-2012), kami mengembangkan program Gemar Mengelola Sampah (Gemas), dimana kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle) dalam keseharian mereka,”jelas Troy.

Program pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan oleh AQUA Group selalu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat melalui needs assessment dan mempelajari aspek geografis, budaya dan sosial masyarakat setempat. Selain itu program sosial dan lingkungan telah dikembangkan sesuai dengan program pemerintah. Oleh karena itu beberapa program pemerintah daerah yang didukung oleh AQUA mendapatkan penghargaan.

Sebagai contoh adalah program sanitasi lingkungan berbasis masyarakat pemerintah Wonosobo mendapatkan Indonesia MDG Award di tahun 2011. Berbagai penghargaan telah diraih oleh AQUA Group terkait dengan inisiatif sosial dan lingkungan, antara lain Pemenang Penghargaan Indonesia MDG Awards 2012 Kategori Pendidikan untuk School Supporting Program di Kebon Candi, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, Pemenang Runner Up Penghargaan Indonesia MDG Awards 2012 Kategori Layanan Air Bersih dan Sanitasi untuk Program Akses Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan/ Water Access, Sanitation and Hygiene (WASH), Indonesia Sustainable Business Award dari KADIN dan Global Initiatives and Climate Business 2012 untuk kategori best waste management, Warta Ekonomi Special Achievement award for Corporate Commitment to Sustainable environmental and water resources 2013.

“Komunikasi strategis memiliki peranan yang sangat penting dalam pencapaian-pencapaian kami. Selain itu dukungan dari masyarakat selama ini telah menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu memberikan yang terbaik dan terus berkembang bersama Indonesia. Kedepannya, AQUA berharap dapat terus membantu mewujudkan kemajuan Indonesia lewat produk air minum dalam kemasan berkualitas dan berbagai inisiatif berkelanjutannya; untuk esok yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik,” tutup Troy.

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!