Magang UI

Itulah kiranya yang saya rasakan selama magang di KBR. Namun, hal ini memberikan kesenangan sendiri bagi saya yang memang menyukai dunia sepakbola. Hampir setiap hari saya menghasilkan berita bola untuk media yang berkantor di utan kayu ini. Kendati saya diberikan tugas untuk meliput ke lapangan, biasanya sebelum berangkat ke lapangan saya mencoba membuat berita bola lebih dulu di kantor.


Kejadian menarik terjadi ketika pertama kali saya menulis berita bola di awal magang. Saat itu Koordinator Reporter (KR), Mas Taufik Budi Wijaya menyuruh saya untuk membuat berita tentang sepakbola. Waah, tugas pertama untuk menulis berita bola itu tentunya saya sambut dengan suka cita, antusias, penuh semangat, dan rasa senang yang tak terkira. 


Jadilah saya menulis berita bola, ketika itu saya menulis berita bola yang berjudul “Inggris Kian Sulit Menembus 16 Besar Piala Dunia 2014” yang membahas peluang Inggris di Piala Dunia 2014. Tulisan yang sudah selesai langsung saya kirim ke email redaksi. Beberapa saat kemudian berita saya di respon, saat itu saya mendengar bahwa berita saya akan dimuat dan dijadikan berita di radio. Waahh, tentunya saya sangat merasa senang dan bangga akan hal tersebut karena itu kali pertama saya menulis berita bola di KBR.


Saya juga melihat berita saya sudah berada di halaman situs Acacia, tempat dimana naskah berita dikumpulkan sebelum disiarkan oleh radio KBR68H. Namun, sebelum berita tersebut disiarkan dan dimuat di situs portalkbr.com, Mas Taufik menanyakan kepada saya darimana sumber berita tersebut berasal. Saat itu tanpa ragu saya jawab berita itu saya buat dengan mengambil beberapa sumber dari situs berita lokal. 


Mas Taufik yang mendengarkan jawaban saya langsung mengatakan bahwa sumber yang dijadikan rujukan dalam menulis berita bola harus berasal dari situs luar negri. Mendengar hal tersebut, saya merasa malu karena itu diluar sepengetahuan saya dan merupakan kecerobohan dari diri saya. Pada akhirnya saya merasa kecewa karena berita saya gagal dimuat dan disiarkan. Namun, dari hal tersebut saya jadi belajar agar lebih teliti sebelum menulis dan yang pasti menjadikan situs luar negri sebagai rujukan menulis berita bola tentunya. 


Hingga akhir magang, hampir 70 persen berita saya yang dimuat di portalkbr.com merupakan berita bola dan beberapa berita bola saya disiarkan di radio KBR68H. Saya sampai berandai-andai, jika memang saya nanti jadi Jurnalis, saya ingin menjadi jurnalis olahraga terutama sepakbola. Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya selama magang. Banyak pengalaman lain dan berbagai kisah yang saya dapatkan selama magang yang tidak bisa saya tuliskan satu per satu disini. Satu hal yang pasti, magang di KBR68H ini telah menjadi salah satu bagian cerita dalam perjalanan hidup saya. 


Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!